26 Jul 2019

PLN Berencana Lakukan Pengembangan di DIY

Yogyakarta (26/07/2019) jogjaprov.go.id - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Yogyakarta berencana melakukan observasi sekaligus melakukan pengembangan di wilayah DIY. Hal ini diungkapkan Manager Unit Pelaksana Pelanggan (UP3) PLN Yogyakarta, Eric Rossi Pryo Nugroho, dan saat beraudiensi dengan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X pada Jumat (26/07) pagi di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Eric menambahkan bahwa dalam kunjungan ini ia juga sekaligus meminta pendapat dan saran dari Sri Paduka terkait permohonan pengembangan pembangunan dan menilik potensi terkait apa saja yang dapat dikembangkan. Eric mengatakan bahwa PLN sendiri bertekad untuk menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan listrik yakni ekonomi, sosial, dan lingkungan. “Hal tersebut diupayakan dapat dilaksanakan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan sebagai wujud nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan,” ujar Eric.

Menanggapi hal tersebut, Sri Paduka menyambut baik akan rencana tersebut. “Pada dasarnya kita kan pelayan masyarakat, jadi sudah sejatinya untuk memberikan pelayanan yang maksimal,” ujarnya. Sri Paduka berharap, hendaknya program CSR yang dilakukan membawa pengaruh yang signifikan dan tahan lama. Sri Paduka menambahkan, pengembangan masyarakat juga harus tepat sasaran.

Sri Paduka mengusulkan agar pelatihan dan pengembangan harus dapat memberi dampak yang lama. “Jangan melulu diajarkan bagaimana cara pengolahan kopinya saja. Tapi misalnya bagaimana cara memasarkannya. Misalnya juga di Dlingo, Bantul, yang merupakan sentra mebel. Seharusnya juga diberikan pelatihan bagaimana menjual mebel. Menurutnya, pengembangan yang diberikan kepada masyarakat harus dapat memberikan lebih. “Akan lebih baik jika manfaat yang dirasakan itu lebih ke pengembangan intelektual dari masyarakat atau penduduk, itu akan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama, lebih sustain,” ujar Sri Paduka.

Adapun masukan yang diutarakan oleh Sri Paduka, nantinya akan menjadi masukan dan referensi bagi PLN untuk menentukan langkah selanjutnya. “Kami mengapresiasi masukan dari Wagub. Tadi kami juga sempat menyinggung soal pengembangan konservasi penyu di Kulon Progo yang tengah kami lakukan, dan sekaligus memohon saran dari beliau,” ujar Eric saat ditemui seusai audiensi. Harapannya, pelaksanaan dari rencana-rencana ini dapat berjalan dengan lancar. [As]

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: