15 Agt 2019
  Humas Berita,

Gubernur DIY Raih The Most Outstanding People

Jakarta (15/08/2019) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X termasuk dalam Top 10 Outstanding People versi Infobank, bersanding dengan 9 tokoh besar nasional lainnya. Mewakili Gubernur DIY, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dengan didampingi Asek Bidang Pemerintahan dan Umum Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si., menerima penghargaan tersebut pada acara Executive Lecture Membangun Manusia Indonesia yang Berkualitas dan Berbudaya, Kamis (15/08) di Graha CIMB Niaga, Sudirman, Jakarta.

Penghargaan ini diberikan kepada mereka para tokoh nasional yang dinilai telah memberikan inspirasi dan kontribusi dalam menjaga keberagaman agama dan budaya di Indonesia, serta memberikan sumbangsih kepada kehidupan sosial, lingkungan hidup, dan kemanusiaan. Mereka dipilih tidak hanya karena memiliki peran di bidangnya tapi juga mampu melakukan dan melahirkan sesuatu yang luar biasa dengan hasil maupun cara yang lebih unggul dari orang lain.

Ditemui terpisah, Kamis (15/08) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sri Sultan menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi dari Infobank tersebut. Sri Sultan menyampaikan, sudah menjadi tugas dan kewajiban seorang kepala daerah untuk memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik untuk masyarakat.

Terkait penilaian Infobank terhadap keberhasilan Sri Sultan mengangkat wisata budaya DIY menjadi kebanggan Indonesia, Gubernur DIY ini mengungkapkan bahwa kinerjanya selama ini merupakan hal yang wajar dan sesuai ketugasan. Bahkan Sri Sultan menyampaikan, tidak perlu mendapatkan penghargaan untuk apa yang sudah dilakukan untuk DIY. Meskipun potensi wisata di DIY sangat potensial dan menjual, namun Dubernur DIY tidak ingin budaya kemudian ditinggalkan. Untuk mewujudkan wisata budaya itu, diperlukan dukungan dan kerjasama yang baik antara Pemda DIY dengan masyarakat.

"Saya terima kasih sekali atas penghargaan itu, tetapi bagi saya yang namanya pejabat itu memang kewajibannya menjalankan tugas kewajiban untuk seluruh masyarakat. Kalau itu dihargai, ya saya mengucapkan terima kasih," tutur Sri Sultan.

Eko B. Supriyanto, Ketua Dewan Redaksi Infobank menyampaikan, Top 10 Most Outstanding People adalah daftar tokoh yang berkontribusi luar biasa pilihan Dewan Redaksi Infobank. Sosok-sosok tersebut dinilai memiliki komitmen tinggi dan sangat kapabel di bidangnya sehingga meraih achievement yang tinggi dan menjadi figur yang menonjol. Karena tanggungjawab dan  integritasnya, mereka dipandang positif oleh masyarakat dan memiliki social trust yang tinggi. "Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi kita kepada insan-insan yang berkontribusi besar terhadap pembangunan ekonomi, sosial, politik, dan ilmu pengetahuan di Indonesia," ujar Eko.

Selain Gubernur DIY, penerima penghargaan Top 10 Most Outstanding People 2019 ini diantaranya Gubernur BI Dr. Perry Warjiyo, Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja, Founder Mayapada Group Dato Sri Prof. Dr. Tahir, Direktur Utama Bulog Komjen Pol (Purn.) Drs. Budi Waseso, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala Desa Ponggok, Jawa Tengah Junaedi Mulyono. "Mereka layak mendapat apresiasi atas kontribusinya kepada bangsa ini sesuai dengan bidangnya masing-masing," ujar Eko B. Supriyanto.

Lebih lanjut Eko menyampaikan, dipilihnya Gubernur DIY sebagai salah satu penerima penghargaan adalah karena telah berhasil membawa DIY menjadi provinsi terbaik se-Indonesia. Poin pentingnya adalah, dibawah kepemimpinan Sri Sultan, DIY menjadi masyarakat dengan indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia.

Sri Sultan dinilai sebagai tokoh plurarisme DIY yang sangat dicintai rakyatnya. Keberhasilannya menekan inflasi sampai titik rendah dan mengembangkan ekonomi melalui sektor pariwisata merupakan kontribusi yang membanggakan tidak hanya bagi DIY namun juga Indonesia.

“Untuk Indonesia, beliau (Sri Sultan) telah mempersembahkan Yogyakarta sebagai penyandang predikat Kota Kebudayaan ASEAN pada akhir tahun 2018 lalu. Figurnya positif dan memiliki antusiasme yang tinggi untuk kemajuan bangsa serta telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan ekonomi, sosial, dan politik di Indonesia,” tutup Eko. (nir/uk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: