22 Agt 2019
  Humas Berita,

Wagub DIY : Pencerdasan Bangsa Investasi Intelektual

Yogyakarta (22/08/2019) jogjaprov.go.id - Sebanyak 16 mahasiswa lulusan SMA/SMK/MAN akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang ada di Beijing Education Institute for International Exchange (BEIIE), Republik Rakyat China (RRC) pada September 2019 mendatang sebagai pemberi beasiswa bagi siswa-siswi Yogyakarta yang berprestasi.

Rombongan para mahasiswa tersebut didampingi Prof. Dr. Ir. C. Danisworo, M.Sc., dari Dewan Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta ketika mohon doa dan restu kepada Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Kamis (22/8) di Pare Anom, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur DIY menyambut dengan bangga atas tekad dan semangat ke 16 mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di Beijing. Tak lupa Sri Paduka juga mengapresiasi capaian para mahasiswa tersebut.

“Saya turut bangga dan mendoakan siswa-siswi perwakilan DIY untuk sukses dan kembali ke Indonesia dengan ilmu dan tetaplah menjadi orang Indonesia” ujar Sri Paduka. 

Selain itu, Sri Paduka berpesan selain tetap menjaga kesehatan selama di China juga diharapkan para mahasiswa tetap mmembawa nama baik Yogyakarta dan Indonesia.

"Jangan sampai para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini tercerabut dari akarnya. Ketika pulang ke Indonesia harus tetap menjadi warga negara Indonesia yang tidak lupa dengan akar budayanya sehingga juga menjadi lebih terdidik dan paham kepada hak dan kewjibannya. Pencerdasan suatu bangsa adalah investasi intelektual," tuturnya.

Sementara itu, Danisworo mengatakan, para mahasiswa yang akan berangkat telah diberikan pembekalan bahasa Mandarin selama 1,5 bulan sehingga memiliki bekal bahasa pengantar di perguruan tinggi yang dituju dan tidak perlu lagi mengambil kursus di sana.

Adapun tiga perguruan tinggi yang dituju tersebut, meliputi Yangzhou Polytechnic, Hebei Collage Of Industrial Technology dan Jiangsu Polytechnic Collage Of Agriculture and Foresty. Para mahasiswa akan diberikan biaya pendidikan dan biaya asrama dengan gratis oleh Dewan Pendidikan DIY.

Selanjutnya sesampainya di Beijing  para mahasiswa akan menempuh pendidikan di Universitas tersebut selama tiga tahun untuk program diploma dan nantinya para mahasiswa diizinkan untuk melanjutkan pendidikan satu tahun agar sampai ke level sarjana.

Dalam pertemuan tersebut, 16 mahasiswa yang akan berangkat ke Beijing juga didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. (Yn/In)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: