23 Agt 2019
  Humas Berita,

Mencapai 70 Tahun, Hubungan Diplomatik India-DIY Makin Erat

Yogyakarta (23/08/2019) jogjaprov.go.id – Hubungan diplomatik India – Indonesia khususnya DIY sudah berjalan puluhan tahun. Dengan fakta tersebut, DIY telah mengakulturasi dengan budaya India dalam bidang olah raga yaitu Yoga.

Guna mempererat hubungan dan menjaga silaturami dengan DIY, Dubes India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat mengunjungi Gubernur DIY Sri Sutan Hamengku Buwono X, Jumat (23/08) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam tersebut menurut Sri Sultan berlangsung hangat dengan nuansa persahabatan yang kental.

“Tadi beliau silaturahmi saja. Kita sudah sering bertemu, jadi apa yang bisa dibantu oleh India ya mereka bantu. Intinya pertemuan ini untuk melalukan pendekatan saja agar lebih erat lagi,” papar Sri Sultan.

Usai pertemuan, Sri Sultan menyampaikan, pihak India akan mengirimkan guru Yoga langsung dari India. Hal tersebut berkaitan dengan antusiasme masyarakat DIY dalam mempelajari Yoga, olah raga asli India. Antusiasme tersebut dibuktikan dengan suksesnya acara Hari Yoga Internasional yang berlangsung meriah di DIY beberapa waktu lalu. Diharapkan, Yoga sebagai ciri khas India akan lebih dikenal lagi oleh masyarakat DIY.

Sri Sultan menyampaikan, DIY selalu terbuka dalam mengapresisi budaya India. Salah satunya yang pernah dilakukan adalah pagelaran kebudayaan katakali yang pernah di pentaskan di DIY tahun lalu. Antusiasme masyarakat DIY inilah yang membuat India mendapatkan apresiasi yang baik dan semakin senang bekerjasama dengan DIY terutama di bidang budaya. Berangkat dari hal tersebut, maka pihak India akan mendesain kembali pentas katakali tersebut untuk kembali dipentaskan di DIY dalam rangka memperingati hubungan diplomatik India – Indonesia yang telah berlangsung lama.

“Kita sering tukar menukar tim kesenian. Selain itu, kebudayaan Katakali yang pernah pentas di DIY  sukses. Maka itu mereka mencoba mendesain kegiatan seperti ini lagi (katakali) dalam rangka 70 tahun hubungan diplomatik DIY – India,”jelas Sri Sultan.

Lebih lanjut Sri Sultan menyampaikan, secara historis, hubungan DIY –India sudah berlangsung sejak lama. Terhitung sudah 70 tahun. Bahkan menurut Sri Sultan, ketika ketika Ibu Kota Indonesia dipindah ke DIY, India sudah memiliki konsulatnya di DIY. Dengan latar belakang tersebut, Sri Sultan berharap hubungan India dan DIY terus terjalin baik hingga waktu tidak terbatas. (uk/za)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: