23 Agt 2019
  Editor Berita,

Malioboro Night Festival Usai Digelar, Andong Online Resmi Diluncurkan

Yogyakarta (23/08/2019) jogjaprov.go.id - Kini masyarakat Yogyakarta dapat dengan mudah menggunakan moda transportasi andong hanya dengan berbekal aplikasi. Bekerjasama dengan Grab Indonesia, pada Jumat (23/08) malam telah diluncurkan Andong Online oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama dengan Menteri Pariwisata RI Dr Arief Yahya, M.Sc, Kepala Dinas Pariwisata DIY Drs. Singgih Rahardjo M.Si dan Managing Director Grab Indonesia Neneng Gunadi. Peresmian ini berlangsung dalam rangkaian acara Malioboro Night Festival (MNF) di Plaza Monumen Serangan Umum 1 Maret. Gelaran MNF malam ini sendiri merupakan kali empat sejak digelar pertama kali tahun 2016 lalu.



Sultan menyampaikan bahwa, "Millenials Kill Everything, tidak bisa dipungkiri bahwa industri digital telah mengubah dunia dengan generasi milenialnya," ujar beliau. Hal itu akan mengubah seluruh tatanan, baik pekerjaan, pola hidup, maupun perilaku berwisata. Namun harus hati-hati dalam mengemas event. Menurut Sultan, jangan sampai terjadi 'Wingka Katon Kencana', atau kenyataan event secara riil jauh dari ekspektasi seperti yang ditampilkan dalam media sosial.

Tak hanya itu, Sultan menambahkan, "Dispar DIY dan para pelaku pariwisatanya harus berperan dengan semangat golong-gilig untuk membangun jaringan sinergis dengan meningkatkan kompetensinya. Pola marketing mix-tradisional sudah usang, atau obsolete, oleh disrupsi teknologi, yaitu penemuan-penemuan IT yang selalu baru," ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Sultan juga menyatakan apresiasinya dan menyambut baik adanya Andong Online ini. Sultan mengucapkan selamat atas diluncurkannya Grab Andong, sebuah moda transportasi tradisional yang ditawarkan secara online marketing sesuai zaman now. Sultan juga meminta dukungan dari Menpar untuk mengembangkan kebijakan yang seimbang sehingga semua destinasi di kawasan Joglosemar terdampak positif atas hadirnya bandara baru yakni YIA. 

Senada dengan Sultan, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dalam kesempatan tersebut juga turut menyambut baik keberadaan Andong Online. "Tidak ada daerah lain di Indonesia yang memiliki andong. Saya kira, peluncuran ini sangatlah tepat momennya," ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, Menpar juga turut menyinggung bahwa pihaknya akan mendukung 100% operasional bandara YIA dalam kaitannya peningkatan pemasukan daerah dan peningkatan kunjungan wisatawan di DIY.



Managing Director Grab Indonesia Neneng Gunadi sebagai official partner Andong Online menyebutkan bahwa peluncuran Grab Andong merupakan wujud dukungan perusahaan akan budaya Jogja dan moda transportasi tradisionalnya dengan segala keistimewaannya. Sekaligus turut mendukung tagline #Wonderful Indonesia yang digencarkan oleh Kementerian Pariwisata RI. "Kami juga telah bekerjasama dengan Paguyuban Andong Yogyakarta dan Fakultas Kedokteran Hewan UGM untuk merawat dan memantau kondisi andong agar senantiasa sehat dan baik," ujarnya. Nantinya, sebagian pemasukan akan dibagikan ke paguyuban andong untuk digunakan sebagai dukungan perawatan andong dan tunjangan kesejahteraan kusir andong.

Sebagai rangkaian dari kegiatan Malioboro Night Festival, turut disajikan pula persembahan kesenian kontemporer dari berbagai sanggar seni di DIY salah satunya Anterdans Official. Acara ditutup dengan penampilan spesial dari grub band ska, Tipe-X. Pada kesempatan ini, Gubernur DIY juga turut melantik Ketua PORDASI (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) DIY, KPH Yudonegoro beserta seluruh pengurus PORDASI DIY untuk periode 2019-2023.



Berkaitan dengan adanya pemilihan Anugerah Pesona Indonesia dari Kementerian Pariwisata RI, masyarakat dapat memberikan dukungannya kepada Destinasi Malioboro dengan mengirimkan dukungannya melalui SMS dengan cara mengetik API (spasi) 5F lalu dikirim ke 99386. Dari Jogja untuk Indonesia, Maju Terus Pariwisata Indonesia. [Vin]


Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: