25 Agt 2019

Pujasuma, Salah Satu Bukti Keberagaman Etnik di Sumatera Selatan

Palembang, Sumatera Selatan (24/08/2019) Jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X hadir dalam acara orasi sekaligus silaturahim bersama Paguyuban Jawa Sumatera (Pujasuma) Provinsi Sumatera Selatan di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan pada hari Sabtu (24/08) siang.

Acara bertajuk "Merajut Keberagaman Menjadi Kekuatan yang Bersandar Pada Kuatnya Silaturahim Untuk Bersatu Sumsel Maju" ini dilaksanakan atas solidaritas warga Yogyakarta yang telah menetap di Sumatera Selatan, yang hendak bertemu dan mendengarkan pidato tentang keberagaman dari Gubernur DIY.

Bertindak sebagai tuan rumah pada acara tersebut, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H., M.M. menyampaikan bahwa warga Jogja di Sumatera Selatan memiliki tolak ukur kemajuan yang sama seperti di Jogja. "Mereka selalu menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu tolak ukur untuk kemajuan mereka. Misalnya jika pertanian di Yogyakarta maju dibidang kultur jaringan, maka mereka juga akan mengadaptasi kemajuan tersebut dan diterapkan disini".

Gubernur Sumatera Selatan juga menambahkan, bahwa suku Jawa yang menetap di Sumsel bukanlah hanya sekedar transmigran, tapi sudah menjadi bagian dari Sumatera Selatan dengan keanekaragaman Sukunya.

Gubernur DIY pada sambutannya menjelaskan tentang eksistensi etnik dan perkembangan zaman. "Eksistensi etnik dengan keberagamannya adalah kebanggaan bangsa ini. Faktanya, perkembangan etnik mengikuti perkembangan zaman. Kita tidak tahu apa saja yg bisa menjadi global. Karena tuntutan perkembangan itu terus terjadi." Ujar Sri Sultan.

Sri Sultan juga menambahkan, "Jika orang Jawa menjadi mayoritas, maka minoritas harus dibuat merasa nyaman. Jika orang jawa merupakan minoritas, maka harus menghormati dan melindungi mayoritas. Jika terjadi tidak seperti demikian, maka ini menjadi proses dominasi.".

Di akhir sambutannya, Gubernur DIY berharap agar warga Jogja dimanapun berada harus tetap menghormati sosial, budaya dan kebersamaan ditempatnya berada. Sebab, kebersamaan itu menjadi roh dalam kita berproses berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Wali Daerah Paguyuban Pujasuma Sumatera Selatan Dr. HMC Baryadi MM., menyampaikan rasa terima kasihnya dan memberikan hormat setinggi-tingginya kepada Gubernur DIY yang telah memperhatikan Pujasuma Sumatera Selatan dan bersedia menghadiri undangan acara ini. "Kegiatan silaturahim yang langka ini bisa dihadiri oleh Sri Sultan merupakan sebuah kehormatan besar bagi kami," ujar Baryadi.

Di akhir acara, seluruh perwakilan dari masyarakat Pujasuma mengabadikan momen dengan melakukan foto bersama dengan Gubernur Sumsel dan Gubernur DIY dan melakukan penghormatan sebelum Sri Sultan berangkat kembali ke Yogyakarta. (ade)

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: