08 Sep 2019

Wagub DIY Ajak Jaga Kelestarian Laut dalam Wisata Budaya Bahari

Bantul (08/09/2019) jogjaprov.go.id – “Kita harus selalu menjaga kelestarian lautan kita,  karena sudah menjadi tugas manusia untuk memperindah keindahan dunia, agar bumi menjadi tempat yang layak untuk ditinggali.”

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan pada acara Festival Budaya Bahari 2019, Minggu (08/09) di Pantai Baru, Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul.

Menurut Paku Alam X, dalam tatanan kehidupan Hamemayu Hayuning Bawana dapat diturunkan menjadi Hamemayu Hayuning Tirta (air) dan Hamemayu Hayuning Samudra (laut), yang dapat diartikan bahwa seluruh manusia memiliki kolektif untuk menjaga kelestarian sumber daya air dan lautnya.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini karena menjadi sebuah upaya memberdayakan kemajuan Yogyakarta. Kita semua harus melibatkan dalam ikhtiar kolektif agar tirta dan samudera menjadi sahabat manusia, sehingga tidak menimbulkan berbagai bencana dan bahaya,” tutur Sri Paduka.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Ir. Bayu Mukti Sasongko, M.Si selaku Ketua Panitia pada Festival Budaya Bahari 2019 menyampaikan, Festival Budaya Bahari ini adalah sebagai salah satu upaya mencapai Visi dari Gubernur untuk kemuliaan Yogyakarta.

Dengan mengangkat tema Laut Sebagai Masa Depan Bangsa, tujuan dari event ini salah satunya adalah agar meningkatkan pengetahuan kepada generasi muda akan kekayaan kelautan khususnya yang ada di DIY. “Tujuan lain dari event ini adalah untuk menggali dan menumbuhkan rasa cinta kita akan keragaman sumber kelautan dan meningkatkan budaya makan ikan,” katanya.

Selain itu, Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono juga ikut memeriahkan kegiatan festival ini. “Festival Budaya Bahari ini membawa makna tersendiri, khususnya membangunkan semangat masyarakat pesisir untuk bekerja keras dalam melangsungkan kehidupan terutama dengan sebagian besar mata pencaharian dari bidang kelautan,” ungkapnya.

Suharsono juga mengatakan dengan adanya festival ini para masyarakat semakin mencintai laut dan tetap konsisten menjaga kelestarian laut.

Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada Festival Budaya Bahari 2019 ini diantaranya Lomba Perahu Nelayan (lomba hasil tangkapan ikan), Lomba Pancing Pasiran, Pameran Produk Kelautan dan Perikanan, Apel Gita Laut, Sepeda gembira, Seminar Penumbuhan Jiwa Bahari, Sarasehan kemaritiman bagi pemangku kepentingan dan Sosialisasi Budaya Kebaharian. (za/lt)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: