02 Okt 2019
  Humas Berita,

Wakil Gubernur DIY: Hamemayu Hayuning Usada Atasi Problematika Kesehatan

YOGYAKARTA(02/10/2019) – Wakil Gubernur DIY  KGPAA Paku Alam X  membuka Kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Tahun 2019 di Halaman Fakultas Kedokteran Gigi UGM Yogyakarta tadi pagi (Rabu,2/10). Acara tersebut juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M., Ketua Senat Fakultas Kedokteran UGM, Dekan Fakultas Kedokteran  UGM DR.drg.Ahmad Syaify,sp.Perio(K) dan Kepala Dinas Kesehatan DIY DIY drg. Pembayun Setyaning Astutie, M.Kes,.

DR. drg. Ahmad Syaify, sp.Perio(K). dalam laporan/paparannya di hadapan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X menjelaskan bahwa  kebiasaan masyarakat  Indonesia  dalam  merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan tanggungjawab bersama yang masih perlu dibenahi. Khusus di Daerah Istimewa Yogyakjarta pada waktu yang tepat yaitu 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.  Dari kondisi demikian  imbuh  Dr.drg.Ahmad Syai DI Yogyakarta menempati posisi ke lima tertinggi untuk prevalensi permasalahan gigi dan mulut, sebesar 65 ,6 % dan sebanyak 93,5 % masyarakat DIY tidakpernah berkunjung ke tenaga medis gigi dan digelarnya kegiatan pengobatan dan pemeriksaan gigi gratas dalam rangka Hari Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2019 menjadi momen yang penting untuk menggugah kembali kesadaran untuk memerikasakn gigi dan mulut.

Sri Paduka Paku Alam X dalam kesempatan itu  menyampaikan bahwa  dengan melihat fakta kesehatan masih mempunyai  pekerjaan Rumah untuk menuntaskan problematika kesehatan gigi dan mulut sejak uasia dini. Dan hal ini menjadi kewajiban bersama antara  pemerintah, dunia akademis, unsur dunia usaha, masyarakat dan media massa. Tandas Paku Alam X Kita sudah saatnya menggagas kerjasama lima unsur dalam mewujudkan Indonesia Sehat Gigi dan Mulut demi tersemainya senyum sehat yang menghiasi Indonesia di masa depan.

Di bagian lain dalam sambutannya Wakil Gubernur juga mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Pengabdian Masyarakat kerjasama dengan Pihak ke tiga dan sinergisitasini menunjukkan komitmen antar stakeholders dalam melu handarbeni, melu angrukubi – timbulnya kepedulian dan pada akhirnya berpartisipasi dalam upaya peningkatan kesehatan gigi di DIY.

Menurut Sri Paduka  “ semua proses ini adalah   niti laku tumuju Hamemayu Hayuning Usada, mewujudkan ksehatan  bagi seluruh insan melalui  ngupoyo pangabekten  dan gotongroyong lintas sector.” Tandasnya.

Sementara itu di sela-sela mendampingi Kunjungan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X  Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M., ketia dimintai tanggapannya oleh reporter  www.Jogjaprov.go.id. Tentang disenggarakannya Gelar Pengobatan Gigi Gratis tersebut mengemukakan bahwa  Pengadian ini merupakan perwujudan jati diri UGM  sebagai universitas kerakyatan.” Jadi unsur pengabdian pada masyarakat menjadi focus utama dalam semua kegiatan akademis UGM, disatu sisi ini menjadi ajang pertemuan antara  Fakultas Kedokteran Gigi (FKG ) UGM dengan industry  serta para dokter , Dosen Mahasiswa dan elemen UGM bersatu dalam kegiatan pengabdian ini”

Disinggung terkait ketersediaan  dokter Gigi di DIY Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UGM Dr.drg. Ahmad Syaify mengatakan bahwa jumlahnya sebanyak 130 dokter,  tetapi  kalau seluruh Indonesia telah mencapai 35 ribu dokter gigi. Sedangkan kemampuan   UGM tiap tahunnya  hanya mampu meluluskan 150 an dokter gigi yang  mereka itu setelah luluas tidak saja bekerja di lembaga kesehatan Pemerintah tetapi  kerja mandiri, kerja di  kelembagaan TNI dan lain-lain.

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X setelah membuka pengobatan gigi gratis dengan ditandai dengan pemotongan buntal bersama Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni UGM dilanjutkan dengan menyempatkan diri untuk meninjau berbagai fasilitas/kelengkapan peralatan  canggih perawatan gigi dan Mulut yang dimiliki RSG UGM bahkan sempat memperagakan cara pemeriksaan gigi yang pasiennya sendiri tidaklain adalah Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni UGM Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M. Turut memeriahkan pembukaan Pengobatan/pemeriksaan  Gigi Gratis di Fakultas Kedokteran Gigi UGM tarian Sekar Pudiasatuti. (krn)

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: