26 Okt 2019
  Editor Berita,

Pemda DIY Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2019

Jakarta (26/10/2019) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mendapatkan penghargaan kategori Gold dalam gelaran acara Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019 'Berdiri Tegak jadi Pandu Ibu Pertiwi' yang diadakan Indonesian Institute for Public Governance (IIPG). Penghargaan untuk Pemda DIY tersebut diserahkan oleh anggota dewan Penasehat IIPG Sigit Pramono selaku Ketua Umum sekaligus anggota Dewan Penasehat IIPG kepada Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta, Jumat (25/10) malam. Kabupaten Sleman dan Pemerintah Kota Yogyakarta juga meraih penghargaan yang sama yakni kategori Gold. 


Wakil Gubernur DIY menuturkan bahwa penghargaan yang diterima diharapkan bisa memotivasi Pemda DIY maupun ASN yang terlibat di dalamnya untuk bekerja lebih giat, sehingga bisa memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat DIY. "Saya berterima kasih kepada IIPG selaku penyelenggara, atas penghargaan Anugrah Pandu Negeri Kategori Gold yang diberikan kepada Pemda DIY," ujar Wakil Gubernur DIY.


Dalam kesempatan yang sama,mantan Wakil Presiden RI 2009-2014 sekaligus Dewan Penasehat IIPG, Prof. Dr.Boediono, menuturkan bahwa IIPG merupakan ajang yang diharapkan dapat turut andil menciptakan good governance, sekaligus memberikan gambaran kepada peserta mengenai cara memaksimalkan pembangunan daerah. Sehingga mereka bisa mengetahui langkah dan upaya apa saja yang perlu dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan.
"Sumber dari pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan yang berkelanjutan ada beberapa hal. Diantaranya produktifitas nasional yang terus menerus meningkat. Peningkatan kesejahteraan itu karena kenaikan ekspor komoditas , bukan satu-satunya landasan untuk pembangunan jangka panjang," ungkapnya.

Sementara itu‎, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Drs Akmal Malik, MSi berharap pemerintah yang meraih penghargaan dari IIPG malam ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lainnya. APN sendiri telah diselenggarakan sejak 2017. Untuk tahun 2019 ini adalah kali ketiga pelaksanaannya dimana terdapat penghargaan yang diberikan untuk kategori khusus, yakni Pemerintah Indonesia Timur serta kepada Pimpinan Daerah Inovatif. Total daerah yang dinilai pada kesempatan ini adalah 548 daerah yang terdiri dari 416 Kabupaten, 98 Kota, dan 34 Provinsi di Indonesia. APN sendiri secara umum memberikan penghargaan untuk tiga kategori yakni Silver, Gold, dan Platinum kepada Provinsi, Kabupaten, dan Kota terpilih yang telah diseleksi secara ketat. [vin]

Humas Pemda DIY 

Bagaimana kualitas berita ini: