18 Des 2019
  Humas Berita,

Kemampuan Jagawarga Perlu Ditingkatkan

Yogyakarta (18/12/2019) jogjaprov.go.id – Kemampuan 'Jagawarga' yang terbentuk di tiap-tiap desa atau kelurahan di seluruh wilayah DIY, harus ditingkatkan. Seperti salah satunya yakni kemampuan satuan pengamanan yang saat ini sedang dilakukan di 10 orang tiap kelurahan.

Pernyataan ini disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X usai bertemu dengan Kapolda DIY yang baru Irjen Pol Asep Suhendar dan Kapolda DIY yang lama Irjen Pol Ahmad Dofiri, Rabu (18/12) di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Menurut Gubernur DIY, hal yang harus dikerjakan Kapolda DIY adalah adanya tindak lanjut untuk peran  Jagawarga. "Saat ini telah lebih dari separuh jalan Jagawarga berjalan. Dari kelurahan atau desa sudah mengikuti pelatihan dan selanjutnya diseleksi atau diverifikasi kemampuannya. Jagawarga akan kita training. Kita tingkatkan kemampuannya seperti satpam atau polisi,” kata Sri Sultan.

Sementara itu, terkait pertemuannya dengan Gubernur DIY, Irjen Pol Asep Suhendar yang didampingi Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan bahwa pihaknya hanya kulonuwun dan perkenalan, mengingat dirinya sebagai pejabat baru di Polda DIY. “Hanya kulonuwun, perkenalan, ngobrol-ngobrol, terus makan siang,” katanya.

Sementara itu, Irjen Polisi Ahmad Dofiri yang bertugas di DIY selama 3 tahun, mengungkapkan bahwa selama ia bertugas selalu mendapat bimbingan dari Sri Sultan. "Tidak ada tempat yang paling indah dan berkesan selain di Yogyakarta. Ketika ada permasalahan juga saya selalu mendapat arahan dan masukan dari Ngarsa Dalem,” katanya. (kr)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: