23 Des 2019
  Humas Berita,

Perempuan Berdaya untuk Membangun Indonesia Maju

Yogyakarta (23/12) jogjaprov.go.id – Semangat juang kaum perempuan, juga bertujuan untuk meningkatkan keluhuran kodrat, harkat dan martabat serta kedudukan dan peranan kaum perempuan Indonesia. Demikian yang dihaturkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menyampaikan sambutan dalam puncak acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 Tahun 2019 DIY yang diselenggarakan di Bangsal Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, pada Senin (23/12) pagi.

Menyerukan tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju", serangkaian kegiatan acara PHI ke-91 Tahun 2019 DIY ini, telah dimulai sejak petengahan bulan Oktober hingga puncak acara pada tanggal 23 Desember 2019.

“Perlu dilaksanakannya kesetaraan, kemitra-sejajaran dan keadilan gender di setiap bidang kehidupan. Artinya, setiap kaum perempuan berhak untuk memperoleh posisi dan promosi setara dengan kaum laki- laki sesuai dengan prestasi dan kemampuannya,” tutur Sri Sultan.

Sri Sultan menambahkan bahwa dengan semangat Hari Ibu, kaum perempuan Indonesia diharapkan berperan aktif agar berdaya untuk turut membangun Indonesia Maju yang sejahtera, demokratis dan berkeadilan.

Ketua Umum PHI ke-91 Tahun 2019 DIY, Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si., menyampaikan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka PHI ke-91 Tahun 2019 DIY meliputi, bakti sosial bantuan air bersih di Kabupaten Sleman dan Gunung kidul; kegiatan audiensi dengan SKH Kedaulatan Rakyat; Sarasehan; audiensi bersama GKR Hemas; senam massal dan pemeriksaan gigi serta tulang; talkshow JogjaTV; donor darah; bincang interaktif di RRI; lomba paduan suara dan lomba masak B2SA; jalan sehat keluarga se-Indonesia; bakti sosial pembagian tas ramah lingkungan di lima pasar DIY, kegiatan bakti sosial bantuan sembako di Kulon Progo dan Komplek Kepatihan, serta acara puncak PHI ke-91 Tahun 2019 DIY di Bangsal Kepatihan.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini diserahkan 20 penghargaan Gender Champion bagi para tokoh yang selalu berkomitmen dan berjuang di bidangnya masing-masing untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di DIY. Gender Champion adalah penghargaan yang diberikan kepada mereka yang berkomitmen besar dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di DIY. Mereka berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak, lansia, penyandang disabilitas, dan masyarakat miskin serta mampu bekerja sama dengan berbagai pihak dalam mewujudkan kesetaraan gender dan keadilan gender.

Tokoh penerima penghargaan tersebut diantaranya, Sri Sultan Hamengku Buwono X, KGPAA Paku Alam X, GKR Hemas, Prof. Dr. Suratman, MSc., Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si., dan 15 tokoh lainnya.

Selain itu, dilaksanakan penyerahan penghargaan Organisasi Perangkat Daerah terbaik dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender di DIY tahun 2019. Penghargaan ini diberikan kepada OPD-OPD yang konsisten dalam mendorong terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender melalui program dan kegiatannya dengan berbagai inovasi yang dilaksanakan. OPD Pemda DIY penerima penghargaan tersebut diantaranya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebagai, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Acara puncak PHI ke-91 Tahun 2019 DIY turut dimeriahkan dengan penampilan Tari Kidung Aksara dan penampilan pemenang lomba paduan suara PHI ke-91 DIY dengan membawakan lagu Wasito Rini dan Cublak-Cublak Suweng. Kemeriahan acara puncak juga diwarnai dengan penampilan Fashion Show “Pakaian Adat Nusantara” yang diperagakan oleh perwakilan dari lima Komponen Organisasi Wanita DIY meliputi TP PKK DIY, BKOW, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan, dan Dharma Pertiwi. Dalam kegiatan ini, turut diserahkan piala penghargaan untuk para pemenang lomba paduan suara, lomba masak B2SA, dan pemenang lomba posyandu tingkat DIY tahun 2019.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X, GKBRAA Paku Alam, segenap anggota Forkopimda DIY beserta Ibu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, para Ketua Lima Komponen Organisasi Wanita DIY, para tokoh penerima penghargaan Gender Championship, dan para hadirin tamu undangan. (Han)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: