22 Jan 2013
  Humas Berita,

April Mendatang, TNI AU dan AU AS Latihan Bersama Penanganan Bencana

KEPATIHAN YOGYAKARTA (22/01/2013) portal.jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, Paku Alam IX, menerima kunjungan kehormatan Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara Harjolukito, Yogyakarta, dr Frits MR, SpOG, di Gedhong Pare Anom, Kepatihan Yogyakarta, Selasa (22/01/13). Frits MR menemui Wagub, dalam rangka melaporkan rencana penyelenggaraan kegiatan latihan bersama penanganan bencana antara TNI AU kerjasama dengan AU Asia Pasific, Amerika Serikat dan masyarakat Yogyakarta.

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ketiga setelah di Kupang dan Pakanbaru. Adapun kegiatan dalam kerjasama tersebut berupa Evakuasi medik udara, hal ini digunakan apabila ada bencana yang korbannya harus dievakuasi dengan pesawat udara, terang Frits.

 

Dalam kegiatan nantinya lanjut Frits, juga dilaksanakan tukar menukar teknologi dan pengalaman dari para ahli yang ada di AS maupun di Indonesia. Kegiatan bhakti sosial seperti pelayanan kesehatan, pelayanan gigi, gizi dan pelayanan masyarakat lainnya maupun ceramah tentang alih teknologi juga akan mewarnai latihan bersama penanganan bencana. Karenanya Frits berharap, partisipasi masyarakat sangat dinantikan dalam latihan bersama ini yang sedianya dilaksanakan mulai tanggal 22 hingga 28 April, terutama di daerah yang akan digunakan dalam kegiatan ini, yaitu di wilayah Gamping 2, Trianggo dan Madurejo, Prambanan.

 

Tahun depan latihan bersama semacam ini akan dilaksanakan di Jayapura, ujar Frits.

 

Sementara Wagub DIY, Paku Alam IX, sangat memberikan apresiasi kepada Tim Angkatan Udara Asia Pasific dan AS yang akan meluangkan pengalaman dan ketrampilannya dalam kegiatan latihan bersama ini. Bahkan Wagub mempersilahkan kepada tim tamu untuk menikmati segala fasilitas yang ada di Yogyakarta disamping harus bekerja keras melaksanakan pembangunan fisik di tiga daerah yang telah ditetapkan tersebut.

 

Dengan latihan bersama ini saya berharap, ke depan tugas-tugas TNI AU akan lebih baik. Apa lagi setelah diadakannya latihan bersama dalam rangka alih teknologi dan penangggulangan bencana ini, kata Wagub. (teb/rsd)

 

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: