27 Okt 2011
  Humas Berita,

Asisten II Sekda Prov.DIY. Membuka Sosialisasi Revitalisasi dan Kebijakan Koperasi

Asisten II Sekda Prov.DIY.Membuka Sosialisasi Revitalisasi dan Kebijakan Koperasi

 

Asisten : Revitalisasi kebijakan koperasi guna memajukan koperasi dan UKM kedepan

dr Andung Prihadi.S. M.Kes. Asisten Perekonomian dan Pembanguan Setda Provinsi DIYYogjakarta( 27-10-2011) Jogjaprov.go.id,- Koperasi dan Usaha Koperasi Menengah (UKM) di era globalisasi ini sangat penting, sebagai sarana pemerintah dalam menyejahterakan rakyatnya. Melalui bidang ekonomi dan koperasi yang anggotanya semua warga masyarakat.

Hal demikian dikatakan oleh dr Andung Prihadi.S. M.Kes. Asisten Perekonomian dan Pembanguan Sekda Provinsi DIY, pada saat membuka acara Sosialisasi Revitalisasi Kebijakan Koperasi di Hotel Santikan, pada kamis ( 27/10)

Lebih lanjut dikatakan, mengacu pada Undang-undang Dasar 1945 Pasal 33, mengenai perekonomian. Maka pemerintah harus membina masyarakat yang bergerak di bidang koperasi, secara berkelompok. Namun semua itu pemerintah masih terkendala dengan berbagai teknis terutama dana, memang belum bisa mencukupi untuk membina semua kelompok- kelompok masyarakat yang bergerak di koperasi. Sehingga secara bertahap pemerintah tetap membina kelompok-kelompok koperasi warga masyarakat kita.kata Andung.

Saat sekarang DPRD sudah mulai memperhatikan masyarakat, terutama masyarakt yang bergerak bidang kopearsi untuk di tingkatkan pemberdayaan masyarakat, melalui berbagai kegiatan yang bisa menyejahterakan masyarakat. Seperti koperasi, yang terbentuk dari berbagai kelompok misalnya kelomok tani, kelompok peternakan, kelompok nelayan dan sebagainya. Ini juga sebagai motivasi bagi masyarakat yang berkecimpung di bidang koperasi. Untuk lebih kreatif dan berkarya guna, agar bisa menghasilkan produk-produk yang bisa di jual di pasar. Tandas Andung.

Sementara itu Ir. Nurtriningsih Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM. Kenterian Komperasi dan UKM. mengakatakan, Koperasi merupakan soko guru, dimana koperasi yang anggotanya dari seluruh warga masyarakat, merupakan modal dasar koperasi untuk bisa menyejahterakan anggotanya melalui koperasi. Jelas Nungki panggilan akrap Nurtriningsih.

Koperasi merupakan gerakan ekonomi, maka koperasi harus bisa menggerakan perekonomian. Sehingga koperasi bisa berdiri secara mandiri. Koperasi dan UKM memiliki dampak luas dalam bidang tenaga kerja. Dimana koperasi bisa menggurangi penggangguran karena koperasi bisa menyerap tenaga kerja, apalagi UKM yang bergerak dibidang yang besar dengan membutuhkan tenaga kerja banyak. Dengan demikain penggangguran berkurang, kesejahteraan masyarakat bisa meningkat secara ekonomi. Tutur Nungki.

Sedangkan Ir Sahbenol selaku ketua Dekopin DIY mengatakan, Sosialisasi Revitalisasi Kebijakan Koperasi ini menindak lanjuti kebijakan Presiden. Dengan tujuan Revitalisasi kebijakan koperasi di sosialisasi agar ada masukan dari berbagai pihak mengenai kebijakan koperasi supaya koperasi bisa mandiri dimasa mendatang. Jelas Sahbenol (skm)

HUMAS Ro UHP Provinsi DIY

Bagaimana kualitas berita ini: