11 Apr 2024
  Humas DIY Berita,

ASN Pemda DIY Terima 50 Pareden Gunungan Grebeg Syawal

Yogyakarta (11/04/2024) jogjaprov.go.id – Keraton Yogyakarta kembali melaksanakan prosesi Garebeg Sawal atau Grebeg Syawal pada Kamis (11/04), sebagai serangkaian kegiatan peringatan Idulfitri 1445 H/Tahun Jimawal 1957. Sebanyak 50 ubarampe pareden gunungan berwujud rengginang dan tlapukan bintang yang memiliki lima warna pun dibagikan untuk para ASN Pemda DIY di Pendapa Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, sekitar pukul 11.00 WIB.

Sejumlah 50 ubarampe pareden gunungan yang diantarkan oleh Utusan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat KRT. Wiroguno dan KMT. Condromargono ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono. Dalam sambutannya saat menerima ubarampe gunungan, Beny menuturkan, mewakili Pemda DIY, dirinya menyambut para tamu, abdi dalem, dan para prajurit Bregada Keraton Yogyakarta yang telah mengantarkan ubarampe pareden gunungan. Beny berharap, seluruh pihak yang hadir pada prosesi Grebeg Syawal di Kompleks Kepatihan tersebut diberkahi kesejahteraan.

“Kami juga memberikan salam dan mengucapkan terima kasih kepada Ngarsa Dalem Yang Mulia Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta. Semoga Ngarsa Dalem beserta istri, anak, keluarga, dan warga Dalem selalu diberkati Allah SWT dengan kesehatan yang baik, keselamatan, umur panjang, kekayaan bebas dari masalah, dan keberuntungan di setiap saat,” kata Beny.

Pada kesempatan tersebut, Utusan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat KRT. Wiroguno mengungkapkan, penghantaran 50 pareden gunungan ini adalah wujud menunaikan perintah dari Ngarsa Dalem. Selain itu, Ngarsa Dalem turut menitipkan salam kepada Sekda DIY dan segenap para pejabat Pemda DIY yang menghadiri prosesi grebeg syawal di Kompleks Kepatihan ini.

“Bertepatan dengan Garebeg Sawal, Ngarsa Dalem memberikan ubarampe pareden berwujud rengginang sejumlah 50 biji. Ubarampe pareden gunungan ini diberikan kepada Bapak Sekda DIY dan para pejabat pemerintah DIY. Marilah kita bersama-sama berdoa semoga Ngarsa Dalem dan keluarga diberikan panjang umur, kesehatan, dan kesejahteraan,” ujar KRT. Wiroguno.

Usai diserahterimakan, 50 ubarampe pareden gunungan tersebut dibagikan kepada para ASN Pemda DIY yang hadir. Sebagai salah satu ASN Pemda DIY yang mendapatkan ubarampe pareden gunungan tersebut, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana menyampaikan, bagi ASN Pemda DIY pemberian ubarampe pareden gunungan ini merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa lewat Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Agar kita dalam bekerja ini semakin giat, semakin bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta,” ucap Tri.

Lima puluh ubarampe pareden gunungan yang diantarkan para Utusan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat ke Kompleks Kepatihan ini dikawal oleh Bregada Bugis. Pareden gunungan yang dibagikan ke Kompleks Kepatihan tersebut merupakan bagian dari enam gunungan yang dibawa di Masjid Gedhe. Sebelumnya, di kuncung Masjid Gedhe, gunungan tersebut didoakan terlebih dulu oleh Abdi Dalem Pengulon.

Setelah didoakan, Abdi Dalem Pengulon mengambil 100 buah pareden rengginang dari badan Gunungan Estri untuk diserahkan kepada Utusan Dalem. Adapun gunungan-gunungan yakni Gunungan Kakung, Estri, Gepak, Dharat, dan Pawuhan masing-masing satu buah, diperuntukkan bagi masyarakat.

Adapun rengginang dan tlapukan bintang lima warna, wujud dari 50 ubarampe pareden gunungan yang diberikan diantaranya memiliki warna hitam, putih, merah, hijau, dan kuning. Hitam melambangkan kewibawaan dan keteguhan, putih kesucian, merah keberanian, hijau mengisyaratkan kesuburan/kemakmuran, serta kuning melambangkan kemuliaan. Pemilihan warna tersebut erat kaitannya dengan kearifan Jawa terkait mata angin (kiblat papat limo pancer), pancawara atau perhitungan hari pasaran, maupun gambaran hawa nafsu manusia. (Han/Ts)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: