24 Apr 2012
  Humas Berita,

Bagian Humas Provinsi DIY Selenggarakan Forum Bakohumas

Bagian Humas Provinsi DIY Selenggarakan Forum Bakohumas

KEPATIHAN YOGYAKARTA (24/04/2012) pemda-diy.go.id Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol (UHP) Setdaprov DIY, menyelenggarakan Forum Bakohumas Instansi Pemerintah Provinsi DIY, di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan Danurejan, Yogyakarta, Selasa (24/04). Forum Bakohumas dibuka Asisten Administrasi Umum Drs.H. Sigit Sapto Raharjo, MM mewakil Sekdaprov DIY.

Dalam sambutan tertulisnya Sekdaprov DIY Drs. Icshanuri mengutarakan, diberlakukannya Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah khususnya dalam melaksanakan tata kelola kehumasan, telah menimbulkan adanya beberapa kesulitan dan kesenjangan dalam mengelola dan mengintegrasikan informasi secara baik, utuh, benar dan lengkap di berbagai tingkat pemerintahan. Hal demikian terjadi karena belum adanya mekanisme yang jelas dalam mengatur dan mengelola tata informasi secara baik dan konsisten antar institusi di lingkungan pemerintah. Sehubungan dengan hal ini maka organisasi kehumasan pada instansi pemerintah daerah sebagai lembaga pelayanan informasi di daerah perlu untuk melakukan pemberdayaan diri agar dapat mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah kepada masyarakat secara lebih baik dan benar.

Salah satu bentuk pemberdayaan kehumasan adalah dengan melaksanakan Forum Bakohumas instansi di tingkat daerah seperti ini, kata Sekda.

Menyadari bahwa humas memiliki peran yang semakin penting dan strategis, lanjutnya, maka diharapkan aparatur kehumasan pemerintah daerah serta instansi terkait lainnya dapat terus berusaha memperluas akan wawasan, pemahaman dan pengetahuan di seputar dunia kehumasan. Hal ini penting dalam rangka ikut menunjang kinerja dan profesionalisme tugas pemerintah agar dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Melalui Forum Bakohumas ini dapat tercipta sinergi fungsi kehumasan di lingkungan SKPD Pemprov DIY dan KabupatenKotakhususnya dalam bidang ketugasan mempersiapkan konsep sambutan pidato pimpinan pemerintah daerah, harap Icshanuri.

Kepala Biro UHP Setdaprov DIY Ir. Sigit Haryanta, MT dalam kesempatan tersebut antara lain mengemukakan, jika Bakohumas tidak mengetahui soal informasi dipastikan akan ketinggalan, apalagi nanti berhadapan dengan para insan pers yang notabene merupakan tenaga-tenaga muda, mempunyai alat yang sangat canggih, mempunyai pengetahuan yang luas.

Kita tidak bersaing dengan insan pers namun menjalin mitra dan persahabatan. Jadi kemampuan para peserta Forum Bakohumas sangat penting dan dibuthkan, katanya.

Menurut Kepala Sub Bagian Hubungan Antar Lembaga, Bagian Humas, Biro UHP, Ali Sadikin, SH.Cn, Forum Bakohumas Instansi Pemprov DIY diikuti 50 orang alumni Diklat Kehumasan dari instansi Biro, Badan, Dinas, UPTD, Kantor Humas dan Protokol Kabupaten Kota, serta Humas Sekretariat DPRD DIY. Forum yang dimaksudkan dapat tercipta sinergi fungsi kehumasan di lingkungan SKPD Pemprov DIY dan Kabupaten Kota, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia dalam pembuatan pointers sambutan pimpinan melalui instansi pemerintah di lingkungan Pemprov DIY. (rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: