20 Mei 2022
  Humas DIY Berita,

Bangkit Bersama, Wujudkan Indonesia Kuat Indonesia Maju

Yogyakarta (20/05/2022) jogjaprov.go.id – “Berhasil tidaknya usaha ini hanya bergantung pada kesanggupan kita bekerja, saya yakin bahwa nasib tanah air di masa depan terletak di tangan kita,”  ucap Marsma TNI Azhar Adithama D mengutip ucapan dr. Soetomo, saat memberikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 114.

Upacara Harkitnas Tahun 2022 dilaksanakan pada Jumat pagi (20/05), di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Bertindak selaku Inspektur Upacara Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Azhar Adithama D dan bertindak sebagai Komandan Upacara, Mayor Adm. Muhamad Soni Sobri.

Dalam amanatnya saat Upacara Harkitnas ke 114 Marsma TNI Azhar Adithama D menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja.

“Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional,” ucapnya. Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi Kebangkitan Nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, patut Kebangkitan Nasional dimaknai sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Adapun pada sisi penanganan Covid-19 di Tingkat Nasional dapat dilihat bahwa upaya yang dilakukan kian menunjukkan hasil yang positif, demikian pula capaian vaksinasi dosis kedua juga telah mencapai 79%.

Marsma TNI Azhar Adithama D menyampaikan penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian Nasional.

“Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan Perekonomian Nasional Indonesia,” serunya.

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 Tahun 2022. Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia mengusung tiga isu prioritas yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital, dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang tengah diperingati Bangsa Indonesia pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi tidak pernah meluruhkan cita-cita bangsa untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.

Marsma TNI Azhar Adithama D menegaskan agar di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai kesungguhan semangat dr. Soetomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

“Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!” serunya menutup amanat. (fk)

 

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: