09 Jul 2012
  Humas Berita,

BKPP DIY Mulai Senin (09/07) Hari Ini Lakukan Seleksi APN dan PKP

BKPP DIY Mulai Senin (09/07) Hari Ini Lakukan Seleksi APN dan PKP

 

Gubernur DIY Diusulkan Kembali Untuk Dapat Lolos Menerima Penghargaan APN 2012

YOGYAKARTA (09/07/2012) pemda-diy.go.id
Mulai Senin (09/07) hari ini hingga Rabu (18/07) mendatang, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Provinsi DIY, melakukan seleksi Adhikarya Pangan Nusantara (APN) dan Penghargaan Ketahanan Pangan (PKP) secara simultan di kabupaten kota se DIY.

Nanti yang terpilih menjadi juara akan mewakili DIY mengikuti seleksi serupa tingkat nasional di hadapan Bapak Presiden RI, di Jakarta, terang Kepala BKPP Ir. Asikin Chalifah, kepada sejumlah wartawan, di Ruang Rapat BKPP setempat, Senin (09/07).

Asikin didampingi Kepala Bidang Ketersediaan Pangan BKPP DIY, Ir.V. Barudin, MSi, lebih lanjut menjelaskan, penghargaan tersebut nantinya diberikan kepada masyarakat, perorangan, kelompok masyarakat/lembaga masyarakat, perusahaan/swasta dan aparatur pemerintah yang telah memberikan upaya dan menghasilkan karya yang luar biasa dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Kategori calon Penerima APN tambahnya, terdiri dari kategori Pembina Ketahanan Pangan yaitu bisa Gubernur, Bupati yang berhasil menggerakan SKPD dalam mengurangi kemiskinan, dan Kepala Desa yang bisa meningkatkan produksi pangan, Kategori Pelopor Ketahanan pangan yaitu perorangan bukan PNS, tokoh organisasi/masyarakat, yang berhasil mewujudkan kadaulatan, kemandiriran dan ketahanan pangan. Kategori Pelayan Ketahanan Pangan yaitu seseorang yang aktif memberikan pengabdiannya kepada masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan diwilayahnya melampaui tugas pokoknya. Kemudian kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan adalah Pemangku Ketahanan Pangan yaitu bisa tokoh masyarakat bukan pejabat pemerintah, yang telah berhasil menggerakan masyarakat dalam kemandirian dan ketahan pangan.

Sedang untuk penghargaan ketahanan pangan lanjut Asikin, pengharagaan nantinya akan diberikan kepada Kelompok Lumbung Pangan Nusantara, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pengelola Kegiatan Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat, Desa Mandiri Pangan, serta Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP).

Untuk Provinsi DIY masih diberikan penilaian sendiri untuk kategori Pendamping dan Kelompok Olahan Pangan. Dan Gubernur DIY walaupun 2011 telah mendapat penghargaan APN namun setelah seleksi penilaian di kabupatyen kota berakhir, akan diusulkan kembali untuk dapat lolos menerima Penghargaan APN 2012, ungkap Asikin, seraya menambahkan bahwa pihaknya akan segera mengirimkan profil Gubernur, Bupati, dan Kepala Desa sebagai syarat adminstrasi dalam mendapatkan penghargaan. (dyk/rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: