27 Jun 2013
  Humas Berita,

BPAD DIY Selenggarakan Pameran Arsip

 

 

BPAD DIY Selenggarakan Pameran Arsip

 

 

YOGYAKARTA (27/06/2013) Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menyelenggarakan kegiatan promosi dan sosialisasi kearsipan yang dikemas dalam bentuk pameran arsip dan pemutaran film sebagai dokumen audio visual. Pameran arsip yang mengangkat tema Jogja Istimewa, Istimewanya Jogja ini berlangsung di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-alun Kidul, Yogyakarta selama dua hari, dan dibuka Kepala BPAD DIY, Budi Wibowo, SH,MM.

 

 

Acara tersebut dihadiri Pengageng Yayasan Habirando GBPH. Prabukusumo, Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY, Iswanto, SIP, para Kepala Arsip Universitas/Perguruan Tinggi di DIY, dan Kepala Lembaga Kearsipan Kabupaten Kota. Dalam kegiatan tersebut penyelenggara menghadirkan Dra. Dwiratna Nurhajarini, M.Hum dan Ari Sudjito sebagai nara sumber.

 

 

Dalam rangkaian kegiatan promosi dan sosialisasi kearsipan kali ini, juga dilaksanakan launching dan bedah buku Naskah Sumber Arsip seri 1 dengan judul Sultan Hamengku Buwono IX: Langkah dan Kebijakan Bagi Kesejahteraan Abdi Dalem, dan buku seri 2 dengan judul Pemilu 1971 di DIY: Potret Surutnya Partai Politik.

 

 

Kepala BPAD DIY, Budi Wibowo mengemukakan, Yogyakarta sebagai kota pendidikan sudah dikenal di seluruh Indonesia, sehingga hampir setiap daerah mengirimkan anak didiknya untuk belajar di Yogyakarta. Dari situlah sering terdengar ungkapan bahwa Yogyakarta merupakan Indonesia Mini. Maka dalam mendukung Yogyakarta sebagai kota pendidikan, arsip Jogjakarta merupakan sumber-sumber informasi yang dapat dimanfaatkan.

 

 

Dengan tersedianya arsip-arsip yang siap diakses, hal ini akan menjadi lading ilmu bagi para pelajar, mahasiswa dan peneliti, papar Budi.

 

 

Berkomentar terkait arsip Kraton, arsip Puro Pakualaman, maupun arsip Pemda DIY, Budi menjelaskan, arsip-arsip tersebut mempunyai nilai sejarah yang tinggi bagi NKRI, Kraton, Puro dan DIY. Sebab arsip tersebut merupakan bahan pembelajaran yang sangat penting dalam rangka pembangunan character building dan pengembangan ilmu pengetahuan. (rsd)

 

 

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: