30 Apr 2012
  Humas Berita,

Budaya Pemerintah Idealnya Sejalan Dengan Pelaksanaan Sistem Manajemen Pemerintah

Budaya Pemerintah Idealnya Sejalan Dengan Pelaksanaan Sistem Manajemen Pemerintah

KEPATIHAN YOGYAKARTA (30/04/2012) pemda-diy.go.id - Budaya kerja aparatur adalah nilai dan cerminan dari kebiasaan kerja yang dibakukan, sebagai standar perilaku kerja aparatur dalam rangka memberi arah pencapaian visi dan misi organisasi. Padahal idealnya, budaya pemerintah ini menjiwai atau sejalan dengan pelaksanaan sistem manajemen pemerintahan mulai dari perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan.

Demikian dikatakan Sekda Provinsi DIY Drs. Ichsanuri melalui Asisten Administrasi Umum Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM, pada Sosislaisasi dan Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Pemerintahan di lingkungan Pemprov DIY, di Gedung Unit IX Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (30/04).

Dikatakan, budaya kerja yang menjadi pedoman bagi aparatur negara secara nasional, sudah ditetapkan dengan keputusan Menpan No. 25 tahun 2002, dan untuk Provinsi DIY sendiri budaya kerja tersebut diintegrasikan serta disesuaikan dengan nilai-nilai luhur budaya lokal yang direpresentasikan dalam budaya pemerintah SATRIYA, sebagaimana telah ditetapkan dengan peraturan Gubernur DIY Nomor 72 tahun 2008.

Budaya SATRIYA lanjutnya, merupakan nilai budaya yang mengandung filosofi Hamemayu Hayuning Bawana, bermakna sebagai kewajiban melindungi dan memelihara serta membina keselamatan dunia lebih untuk mementingkan berkarya bagi masyarakat dari pada memenuhi ambisi pribadi.

Sementara Kabag Kelembagaan Biro Organisasi Setdaprov. DIY Dra. Wredi Wiyandani mewakili Kepala Biro Organisasi menjelaskan, tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wahana sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai budaya pemerintah khususnya di lingkungan Pemprov DIY, yaitu guna memberikan pemahaman bagi pera peserta tentang nuilai-nilai budaya tersebut. Selain itu juga untuk menanamkan nilai budaya pemerintah SATRIYA bagi PNS di dalam kehidupan sehari-hari.

Sosialisasi menghadirkan 3 nara sumber, yaitu Kepala Biro Organisasi Drs. Tri Mulyono MM. dengan tema tentang Peraturan Gubernur No. 72/2008 tentang Budaya Pemerintahan di Provinsi DIY, RM Tirun Marwito. tentang Implementasi Nilai Budaya Kraton bagi Aparatur Pemerintah, Ir. Yuwono Sri Suwito tentang Kearifan Budaya Lokal kaitanya dengan budaya pemerintahan yaitu SATRIYA. Sosialisasi diikuti para pejabat struktural dari SKPD di lingkungan Pemprov DIY. (dyk)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: