24 Sep 2013
  Humas Berita,

Cairnya Dana Keistimewaan,Tunggu Selesainya Pedais Di DPRD DIY

Cairnya Dana Keistimewaan,Tunggu Selesainya Pedais Di DPRD DIY

YOGYAKARTA (24/09/2013)jogjaprov.go.id. Cairnya Dana Keistimewaan Yogyakarta harus didasari rampungnya penyusunan Perda Keistimewaan yang sedang dibahas di DPRD DIY yang hingga saat ini belum klar. Sehingga untuk pencairannya danais ini Departemen Keuangan tetap menunggu selesainya Perda Keistimewaan Yogyakarta tersebut.

Hal demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan hamengku Buwono X kepada reporter www.jogjaprov.go.id seusai menerima Senator Prancis siang kemarin (Senin,23/09) di Halaman Gedung Wilis,Kepatihan,Danurejan,Yogyakarta.

Lebih lanjut Sultan menyatakan bahwa kalau Perdais ini tidak masuk di DPR berarti ditahun 2014 tidak ada pemabahasan Perdais di DPR,dan 2013 Danaisnya belum tentu keluar, maka ditahun 2014 tidak akan ada danais.

Sesuai kesepatan awal tandas Sultan " memang ditawal telah dipathok Rp.500 milyar, karena realisasi waktunya mepet, maka hanya akan direalisasikan Rp. 200 milyar ipun tetap memerlukan perdais selesai pencairannya. Karena perdais ini diperlukan untuk dasar menyusaun anggaran sebagaimana penyususunan DIPA, tahun anggaran 2013 anggaran diluncurkan, direalisasikan tahun 2013 sedangkan Perdais dipergunakan Departemen Keuangan untuk dasar berunding dengan DPR-RI. Untuk membahas danais tahun 2014 dan seterusnya.

Jadi kalau sampai Perdais ini tidak selesai, tandas Gubernur DIY , maka dana Rp.231 milyar belum tentu bisa cair . demikian juga meskipun di Departemen Keuangan ada uangnya, tetapi angaran Keistimeaan tahun 2014 juga tidak bisa cair karena Perdaisnya belum selesai. Sedangkan Perdais ini menurut Sultan merupakan alat /hak budget Departemen Keuangan untuk memabhas dengan DPR-RI untuk mengalokasikan tahun 2014 tersebut.

Disinggung 90 persen alokasi danais untuk kegiatan dibidang Kebudayaan sebagai direncanakan,apabila perdais ini tidak selesai, maka 90 persen danais itu belum bisa direalisasikan ! Sultan menyatakan yang belum tentu bisa direalisasikan, karena menunggu perdais selesai Ya Perdias rampung dulu, itu sudah tandas Sultan

Ditanya apakah Ngarso Dalem Pesimis Perdais tersebut target selesai tepat pada waktunya ? Sultan menambahkan bagi saya tidak masalah, tapi saya mohon jadwal itu dipenuhi, karena perdis ini tetap akan dijadikan dasar peransertanya Departemen Keuangan untuk ke DPR-RI menyusun APBN dan bulan Oktober anggaran 2014 di dok oleh DPR,yo itu aja, yo kalau itu gak selesai yang jangan harap tahun 2014 ada Dana Keistimewaan itu saja tandasnya. (Kar)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: