03 Apr 2013
  Humas Berita,

Dalam Rangka Mantapkan Program Kegiatan Tahun 2014, Tim Penggerak PKK DIY Gelar Rapat Konsultasi

 

Dalam Rangka Mantapkan Program Kegiatan Tahun 2014, Tim Penggerak PKK DIY Gelar Rapat Konsultasi Dengan Dewan Penyantun PKK DIY.

KEPATIHAN, YOGYAKARTA (03/04/2013) portal.jogjaprov.go.id. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X menegaskan bahwa berbagai program yang tertuang dalam 10 program PKK sudah sejalan dengan program yang dicanangkan Pemerintah, diantaranya bidang kesehatan, pendidikan, pengentasan kemiskinan dan pelestarian lingkungan. Sepertinya program pembinaan ke desa-desa, jangan sampai program tersebut hanya pada tahap pembinaan, namun perlu untuk ditindaklanjuti dengan cross check, apakah berbagai program arahan itu sudah dilaksanakan oleh masyarakat.

Selain itu, pola pembinaan juga perlu dievaluasi. Ada kalanya mesyarakat di pedesaan bosan menerima kunjungan Tim Pembina. Apalagi yang dianggap kurang bermanfaat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Untruk itu Kegiatan Tim Penggerak PKK perlu menciptakan inovasi-inovasi yang kreatif dalam upaya pembinaan agar manfaatnya menyentuh langsung pada kepentingan masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Sekda DIY Drs.Ichsanuri ketika membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY saat membuka Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK DIY dengan Dewan Penyantun Tahun 2013 tadi pagi (Rabu, 03/04) di Gedung Pracimosono,Kepatihan Yogyakarta yang juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK DIY GKR Hemas.

Menurut Ketua Panitia penyelanggara Rapat Konsultasi Tri Asturi Andung Prihadi S diikuti seluruh pengurus Tim Penggerak PKK DIY serta Kepala-kepala Dewan Penyantun sekaligus sebagai Kepala SKPD di DIY dengan tema Dengan Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK DIY dengan Dewan Penyantun Tahun 2013 Kita Mantapkan Kinerja Tim Penggerak PKK DIY

Adapun tujuan rapat konsultasi tersebut adalah untuk koordinasi dan sinkronisasi/keselarasan rencana pelaksanaan kegiatan Tim Penggerak PKK DIY tahun 2013/2014 melalui APBD DIY melalui ampuan SKPD terkait.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK DIY GKR.Hemas dalam sambutan pengarahannya menyatakan bahwa PKK harus bersinergi dengan Satuan Kerja Perangkat Daeah (SKPD) karena SKPD inilah sebagai pengampu dan sebagai Dewan Penyantun langsung seluruh kegiatankegiatan Tim Penggerak PKK DIY tidak seperti tahun-tahun yang lalu anggarannya hibah dari Pemerintah DIY, namun mulai tahun ini menjadi belanja langsung.

Sehubungan dengan hal tersebut Gusti Ratu panggilan akrabnya menyambut baik digelarnya rapat Konsultasi ini sebagai upaya sinkronisasi dan penyelarasan kegiatan PKK dengan SKPD yang salah satu kegiatannya telah tertuang/terjabar dalam kegiatan 10 pokok program PKK. Rinciannya adalah Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong-royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumahtangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat sesuai dengan Permendagri Nomor 1 Tahun 2013.

Dibagian lain dalam sambutan tersebut Gubernur DIY melalui Sekda DIY mengharapkan agar rapat konsultasi ini menjadi ajang evaluasi terhadap berbagai program yang sudah dilaksanakan. Evaluasai dimaksud tandas Sultan bukan hanya pada pencapaian hasil, namun tahapan yang dimulai dari perencanaan hingga pelaksanaan seharusnya juga dievaluasi. Walaupun programnya bagus, namun jika pelaksanaannya tidak maksimal maka hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan.

Selain menjadi ajang evaluasi, lanjut Gubernur DIY rapat konsultasi ini juga dapat menjadi umpan balik (feetback) dalam menyusun program kerja PKK tahun yang akan datang serta dijadikan sebagai ajang diskusi dan curah pendapat tentang berbagai persoalan yang perlu dicarikan solusinya.

Mengakhiri sambutannya Gubernur DIY minta perhatian Tim Penggerak PKK untuk ikut berperan aktif dalam mengatasi berbagai persoalan kemasyarakatan, seperti kekerasan dalam rumah tangga, fenomena bunuh diri, HIV/AIDS, serta penyalahgunaan narkoba hingga pelecehan seksual.

Setelah dibuka Sekda DIY atas nama Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK DIY, dilanjutkan paparan dari Tim Penggeran PKK DIY yang disampaikan Ir. Tri Martini Mardiana, Kepala DPPKA DIY Drs. Bambang Wisnu Handoyo.MM, Umar dari Bappeda DIY dengan Moderator Kepala BPPM DIY dr. Rohana Dwi Astuti.M.Kes. (kar)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: