28 Mei 2012
  Humas Berita,

Desa Karangrejek Dievaluasi oleh Tim Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Prov.DIY

Desa Karangrejek Dievaluasi oleh Tim Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Prov.DIY

WONOSARI, GUNUNGKIDUL (25-05-2012) Pemda-diy.go.id - Prajurit Bregodo lombok abang berserta berbagai kesenian tradisional, mulai dari tari jatilan, gambrong, drum bend anak sekolah dan warga masyarakat Desa Karangrejek Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, dengan ceria, riang gembira berjejer sepajang jalan menyambut kedatangan TIM Evaluasi lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi DIY.

Evaluasi perlombaan desa/kelurahan Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diawali dari dari Desa Karangrejek Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan pada hari Jum;at (25/ 5)

Bupati Gunung Kidul Hj. Badingah,S.Sos dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan selamat datang kepada para Tim Evaluasi Perlombaan desa/kelurahan dari Provinsi DIY, disamping memberi gambaran mengenai wilayah serta proses pembangunan di Desa Karangrejek,Kecamatan Wonosari,hal ini disampaikandalam mengikuti perlombaan desa/kelurahan merupakan salah satu motivasi dalam bidang pembangunan desa. Dengan adanya perlombaan desa ini pemerintah Kabupaten juga sudah mengarahkan pembangunan desa, serta memotivasinya seraca rutin,karena pembangunan Desa Karangrejek yang mengetahui dan yang memahami adalah warga masyarakat desa Karangrejek sendiri, makanya masyarakat desa Karangrejek harus bisa menentukan pembangunan desanya, kata Badingah.

Juara I bukanlah satu-satunya tujuan utama dalam mengikuti perlombaan desa ini, namun masyarakat desa Karangrejek bangga bisa mengikuti perlombaan ini, apalagi jika mendapat juara I, yang nantinya bisa mewakili Provinsi DIY ke Tingkat Nasional, akan lebih senang, Ditambahkan oleh Hj Badingah selaku Bupati Pemerintah Kabupaten Gunungkidul selalu memberi dukungan, motivasi, serta dorongan pada masyarakat untuk bisa berpartisipasi, serta berperan aktif dalam membangun desanya. Ternyata semua itu bisa berjalan lancar, karena guyub rukun, serta kegotong-royongan warga desa Karangrejek masih kental dilingkungan masyarakat.

Harapan Bupati Hj Badingah, Wonosari menjadi juara I seperti tahuntahun kemarin yang bisa mewakili Provinsi DIY ke Tingkat Nasional, dan berjanji akan lebih meningkatkan pembangunan serta memacu program-program pembangunan di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Sementara itu Kepada Desa Kasdi Siswa Pranoto mengatakan, bahwa Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul ini sangat rukun jika membangun desanya, bisa kita lihat semua kerukunan warga desa Karangrejek ini dengan hasil pembangunan yang dananya berasal dari warga masyarakat desa yang merantau diluar daerah, ini merupakan salah satu bukti bahwa warga desa Karnagrejek sangat rukun, damai walaupun keluar daerah tetapi tetap ingin membangun desanya.

Desa Karangrejek memiliki beberapa keunggulan, mulai dari hasil pertanian, perternakan, home industri yang dikelola oleh para lansia, dimotori olek TIM Penggerak PKK Desa Karangrejek, Namunjuga ada beberapa usaha yang dikelola oleh desa, seperti Pengelolaan Air Bersih yang semula dari hasil sosialisasi dari Dinas PU dan ESDM DIY, dan ditindaklanjuti oleh warga masyarakat dengan melalui eskplorasi air bawah tanah dengan membangun saluran utama dan hidran umum. Ternyata dengan pengembangan jaringan penyambungan SR, bisa memberi kontribusi warga masyarakat dalam hal air bersih. Sehingga kebutuhan Air Bersih warga desa Karangrejek tercukupi, mulai untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, pertanian, perternakan.

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, pengelolaan air bersih dapat diinasiasi untuk dikelola menjadi BUMDes. Dengan adanya usaha ini Desa Karangrejek memiliki sumber dana yang surplus, dimana peningkatan pendapatan desa ini dimanfaatkan untuk membantu warga masyarakat yang kurang kurang mampu, sehingga pengentasan kemiskinan bidang pendidikan, sosisal serta cadangan pangan bisa teratasi oleh Desa Karangrejek. Jelas Kasdi.

Sedangkan Hendar Sosilowati .SH. Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DIY, selaku ketua rombongan dalam sambutannya mengatakan bahwa, Tim Evaluasi Perlobaan desa/kelurahan Tingkat Provinsi DIY, akan melaksanakan penilaian secara obyektif dan bertindak profesional, sesuai tugas dan tanggungjawab yang dibebankan, yang baik akan dikatakan baik demikian juga yang kurang, bagaimanapun perlombaan ini memberi semangat membangun.karena desa/kelurahan merupakan awal semangat membangun daerah yang disemangati oleh seluruh warga masyarakat. Ini bisa memberi motivasi masyarakat untuk membangun jangka panjang, disamping bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan lain dalam rangka memajukan desa/kelurahan serta kesejahteraan masyarakat. (*skm)

HUMAS Pmprov DIY

Bagaimana kualitas berita ini: