17 Agt 2022
  Humas DIY Berita,

Display Kesenian dan Drumband Meriahkan Upacara Penurunan Bendera

Yogyakarta (17/08/2022) jogjaprov.go.id - Upacara Penurunan Bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berlangsung dengan meriah. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara sederhana. Upacara yang berlangsung Rabu sore (17/08) di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta diawali dengan display kesenian dan Drumband Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Eko Dono Indarto, S.Ip., M.(Ter) Han. Sedangkan Komandan Upacara adalah Letnan Kolonel Penerbang Oliv Rizando Azka.


Upacara yang dimulai pukul 16.00 WIB tersebut dibuka dengan Tari Angguk. Tari Angguk adalah kesenian yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo. Angguk menggambarkan para muda mudi bersuka ria menyambut panen tiba. Mereka bersama-sama mengucap syukur pada Yang Maha Kuasa dengan melantunkan doa, pujian, menyanyi dan menari sambil memainkan alat musik. Setiap motif gerak yang ditarikan selalu disertai dengan menganggukkan kepala.


Penampilan kedua adalah Bregada Rakyat dari Kabupaten Bantul. Pasukan Bregada memasuki lapangan upacara dengan lampah macak diiringi dengan gendhing Banyu Murti. Bregada yang tampil kali ini adalah Bregada Rakyat Tamansari utusan Dinas Kebuadyaan Kabupaten Bantul. Paguyuban Bregada Tamansari beranggotakan Bregada rakyat yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Bantul.


Bregada Rakyat Tamansari bercita-cita untuk tetap melestarikan budaya dan memajukan seni keprajuritan. Diketuai oleh bapak Mujono dari Bregada Songgo Rumekso, Manding Bantul. Jumlah personil sebanyak 60 orang terdiri dari prajurit tombak, pembawa panji, serta penari. Tari yang ditampilkan adalah Beksan Satriyo Tomo Projo diiringi gendhing Kumpul Projo yang melambangkan semangat muda Bregada untuk terus belajar mengembangkan, mempertahankan dan memajukan seni keprajuritan di tengan banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia.


Display terakhir adalah penampilan yang sangat meriah dari Drumband Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara. Dipimpin oleh Sersan Mayor Satu Taruna Monika Made Aprilia alumni SMAN 4 Malang. terdapat tiga orang Penata Rama yang memiliki keahlian memainkan stik. Keahlian yang merupakan wujud olah kekuatan dan keluwesan. Salah satu formasi yang dipersembahkan Drumband Gita Dirgantara adalah Formasi AAU.. Formasi yang melambangkan tempat di mana para taruna dibimbing, dibina dan ditempa menjadi perwira AAU yang tangguh, tanggap dan trengginas.


Rangkaian upacara dilanjutkan dengan penurunan Bendera Merah Putih oleh pasukan Paskibraka. Komandan Paskibraka Letnan Satu Laut Teknik, Hana Mustafa. Prosesi penurunan bendera berjalan dengan lancar dan khidmat. Adapun susunan pasukan upacara adalah satu unit Satuan Musik Lanud Adisucipto, Yonif Mekanis 072 Pamungkas, Lanal Yogyakarta, Lanud Adisucipto, Brimob Polda DIY, PNS Korem 072 Pamungkas, PNS Lanal Yogyakarta, PNS Lanud Polda DIY, PNS Adisucipto, Satpol PP DIY, PNS Pemda DIY, Bazarnas DIY, Mahasiswa, Kwarda DIY, pelajar SMA dan pelajar SMP. (Wd/Ind/Alh/Ad)

Bagaimana kualitas berita ini: