14 Des 2011
  Humas Berita,

Distan DIY Punya Gedung Baru UPTD BPSDMP Senilai Rp. 5 Milyar

Distan DIY Punya Gedung Baru UPTD BPSDMP Senilai Rp. 5 Milyar

BANTUL (14/12/2011) pemda-diy.go.id Dinas Pertanian Provinsi DIY mempunyai gedung baru Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (UPTD BPSDMP) senilai Rp. 5 milyar. Gedung yang terletak di Dusun Jaranan, Panggungharjo, Sewon, Bantul tersebut diresmikan Sekretaris Daerah Provinsi DIY, Drs. Icshanuri atas nama Gubernur DIY, Rabu (14/12), ditandadi dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan buntal.

Menurut Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi DIY Ir. Nanang Suwandi, MMA, gedung baru Kantor UPTD BPSDMP dibangun dalam 2 tahap. Pembangunan tahap pertama dilaksanakan tahun 2010 dengan beaya Rp. 2,7 milyar, meliputi pembangunan kantor pusat balai yang terdiri dari ruang 2 lantai serta 1 asrama 3 lantai. Sedang pembangunan tahap ke dua dilaksanakan tahun 2011 dengan beaya Rp. 2,3 milyar, meliputi asrama 2, dan ruang kelas.

Secara keseluruhan gedung baru Kantor BPSDMP ini terdiri dari 4 unit gedung, yaitu kantor pusat bali berlantai 2, asrama 1, asrama 2 serta ruang kelas untuk belajar, dan dilengkapi ruang sarana praktek, sarana olahraga dan mushola, jelas Nanang.

Gedung baru ini lanjut Nanang, merupakan satu darilimaUPTD di lingkup Distan di bidang pengembangan sumber daya manusia. Sesuai dengan ketugasannya balai ini setiap tahun menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan baik untuk petugas, aparatur maupun petani rata-rata sekitar 50 kelas. Diharapkan balai ini ke depan menjadi instansi penyelenggara diklat sesuai dengan standar nasional yang ditetapkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN), katanya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui Sekdaprov DIY Icshanuri dalam sambutannya mengemukakan, gedung baru Kantor BPSDMP ini untuk mewujudkan insan-insan pertanian yang nantinya benar-benar mampu menjadi pionir pembangunan di bidang pertanian. Sebagai tempat pelatihan bagi tenaga pertanian, keberadaan sebuah balai pengembangan yang representatif mutlak diperlukan mengingat tuntutan yang semakin mendesak dalam pemenuhan sebuah tempat pelatihan di bidang pertanian.

Untuk itu gedung kantor baru ini terangnya, harus di optimalkan guna memfasilitasi kepentingan-kepentingan bagi penyelenggaran pendidikan dan pelatihan di bidang pertanian. Saya berharap adanya gedung baru UPTD BPSDMP ini dapat mendukung program-program pelaksanaan pembangunan pertanian, sehingga dapat meningkatkan kinerja di bidang pelatihan pertanian, meningkatkan kinerja penyuluh lapangan, maupun kualitas pengajar pada bidang masing-masing. Dengan suasana yang kondusif, tenang dan jauh dari lingkungan kota, dapat semakin mendukung pelaksanaan pelatihan nantinya, tutur Sultan.

Sebelumnya Sekdaprov DIY menyerahkan berbagai penghargaan, hadiah, bantuan sosial dan sertivikasi organik kepada Klomtan Eko Karyo Peringkat I Lomba Pengelolaan Tanaman Terpadu Komoditas Padi, Klomtan Harapan Makmur Peringkat I untuk Komoditas Jagung, Klomtan Margomulyo untuk Komoditas Kedelai, DP3A Penjalin Asli Peringkat I Lomba DP3A , P3A Maduari Peringkat I Lomba P3A, Siswianto Penggerak Pembangun Desa Berprestasi pada komoditas clorycultura, KWT Anggrek I Peringkat Pertama pada komoditas clorycultura, Ratijo Peringkat I pada komoditas tanaman sayuran dan tanaman obat, Klomtan Ngudi Lestari Peringkat I komoditas tanaman sayuran dan tanaman obat, Setiawan Peringkat I penggerak pembangun desa komoditas tanaman sayuran dan tanaman obat.

Klomtan Tani Rukun Peringkat I komoditas tanaman buah, Petugas Yulianto Juara I pada lomba petugas IBI. Petugas Puskeswan drh. Yuliati Juara I petugas dokter hewan. drh. Sudi Winarsih Juara I lomba petugas dokter hewan Puskeswan Tingkat Nasional 2011. Sedang untuk Kelompok Sapi Potong Sido Mulyo Juara I Lomba Peternak Sapi Potong Tingkat Provinsi DIY, Kelompok Kambing Sadewa Peringkat I Lomba Kelompok Peternak Kambing Tingkat Provinsi DIY, Kelompok Wanita Tani Putri Peringkat I pemenang Penghargaan Ketahanan Pangan, Koperasi Susu Warga Mulya pemenang pertama Penghargaan Ketahanan Pangan, Suyadi, SSos Penghargaan Pengawas Tanaman Berprestasi, Djoko Purnomo, SB Peringkat I Lomba Pejabat Fungsional, dan Klomtan Pengembang Agen Hayati Mitra Tani sebagai Peringkat Pertama Lomba Klomtan Pengembang Agen Hayati Berprestasi.

Sementara penerima bantuan dan sertivikasi terdiri dari Sukamti, Kelompok Sri Makmur, Agus Fitrianto, Buang Haryanto, Slamet Raharjo, Muhaji, Wiji Prawoto, Minto Hartono, Purwanto, Gunarto, Purwadi, Kusdiyanto dan KWT Sari Jati Kulonprogo. (rsd)

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: