23 Des 2022

DIY Siap Terima Wisatawan dan Jadi Tuan Rumah Yang Baik

Yogyakarta (23/12/2022) jogjaprov.go.id – Memasuki libur sekolah, libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, terdapat 191 destinasi wisata di 4 kabupaten dan 1 kota di DIY siap untuk dikunjungi. Dinas Pariwsata DIY sudah memastikan kesiapan seluruh destinasi wisata tersebut, termasuk 153 desa dan kampung wisata yang juga siap dikunjungi wisatawan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Singgih Raharjo pada Press Conference Persiapan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Ruang Wisanggeni, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (23/12). Turut hadir pula Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti, Kabid Humas Polda DIY Yulianto, dan Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bobby Ardyanto Setyo Ajie.

“Tren yang sekarang ini ada setelah pandemi Covid-19, para wisatawan juga menaruh perhatian yang sangat baik terhadap aktivitas di desa wisata,” ungkap Singgih.

Singgih menuturkan, DIY pun sudah mempunyai desa wisata yang berkelas internasional, bahkan beberapa desa wisata mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Anugerah Desa Wisata.

Setelah dilakukan pembekalan kepada petugas TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) agar tidak mengalami penumpukan, dilakukan pula pengecekan wahana di Gunungkidul untuk memastikan semuanya telah siap untuk digunakan dan tidak membahayakan. Sambung Singgih, di Kota Yogyakarta, secara khusus tidak ada event, namun hotel-hotel biasanya akan mengadakan acara masing-masing. Event di hotel tersebut biasanya untuk acara malam pergantian tahun baru atau sekadar makan malam untuk merayakan tahun baru.

“Kami sudah memastikan DIY dapat menerima para wisatawan dengan aman, nyaman, dan tentunya mengimbau pada seluruh masyarakat untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik. Sehingga betul-betul suasana Natal dan Tahun Baru ini menjadi investasi untuk bergerak di tahun 2023 agar menjadi lebih baik,” ujar Singgih.

Melengkapi dari apa yang disampaikan oleh Singgih, Ketua GIPI Bobby menyampaikan kesiapan dari masing-masing hotel dengan berbagai kelengkapan, termasuk informasinya. Menurutnya, bagaimanapun hotel sebagai tempat akomodasi wisatawan, wajib memberikan informasi terkait keperluan wisatawan.

“Setiap front desk di hotel sudah menyiapkan beberapa hal yang akan menjadi infomasi untuk wisatawan yang datang ke hotel tersebut. Kalau dilihat dari komparasinya dengan tahun 2019, kemungkinan animo wisatawan yang akan datang ke DIY lebih tinggi dibanding 2019,” imbuh Bobby.

Sedangkan Dinas Perhubungan DIY telah menyiapkan hal yang berkaitan dengan rencana operasi pemantauan dan pengendalian transportasi pada Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Mengenai persiapan traffic control, Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made menjelaskan, pihaknya melakukan monitoring terkait dengan arus lalu lintas, penumpang, sarana angkutan, sarana angkutan umum, dan prasarana kelengkapan fasilitas jalan.

"Persiapan yang dilakukan selanjutnya yaitu traffic management dengan monitoring untuk jalur utama, jalur alternatif, jalur angkuran umum, jalur logistik, dan jalur pariwisata. Prediksi dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan RI, yang akan masuk pada daerah DIY sekitar 5 juta orang," paparnya.

Berbicara mengenai proyeksi jumlah kendaraan, Made mengungkapkan, jika dibandingkan dengan tahun yang lalu, akan naik sekitar 54,62% untuk kendaraan yang masuk ke wilayah DIY. “Kesiapan dari pengendalian transportasi di Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini adalah pendirian posko pelayanan dan monitoring arus lalu lintas, penyiapan jalur-jalur alternatif dengan fasilitas pendukung sarana dan prasarana jalan, antisipasi lonjakan lalu lintas kendaraan menuju objek wisata dengan manajemen rekayasa lalu lintas,” tambah Made.

Made menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sarana trasnportasi untuk wisatawan maupun warga lokal. Terkait angkutan jalan sudah siap 1.275 kendaraan, terdiri dari AKAP, AKDP, pariwisata, taksi, dan Trans Jogja. Kemudian angkutan kereta api terdapat 71 rangkaian reguler, dan ada tambahan 24 rangkaian. Seihingga total ada 95 rangkaian kereta api yang akan melayani masa libur Natal dan Tahun Baru ini. Sedangkan untuk angkutan udara tidak ada tambahan movements.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY Yulianto menyampaikan, Polda DIY telah mengkoordinasikan pelayanan masyarakat dalam rangka Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Koordinasi dilakukan terkait dengan jumlah personil, yakni sebanyak 2.052 personil telah disiapkan Polda DIY dalam mengupayakan keselamatan masyarakat.

“Pada prinsipnya pelayanan yang diberikan Polda DIY pada masyarakat lokal, wisatawan, ataupun kepada pihak-pihak yang menyelenggarakan kegiatan di akhir tahun, bukan hanya 2.052 personil ini saja. Nantinya akan ada juga tenaga-tenaga yang selama ini melaksanakan tugas rutin seperti biasanya,” sambung Yulianto.

Berkaitan dengan pelayanan di gereja, Polda DIY memasang CCTV tambahan untuk memantau dan merekam siapapun yang masuk ke area gereja. Penambahan ini semata-mata untuk memberikan kenyamanan bagi jamaah gereja yang akan melaksanakan ibadah. (lt/il/aar)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: