17 Mei 2013
  Humas Berita,

DIY Tuan Rumah Jamnas Penyuluh Kehutanan

 

 

SLEMAN (16/05/2013) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tuan rumah Jambore Nasional (Jamnas) Penyuluh Kehutanan 2013. Jamnas Penyuluh Kehutanan yang berlangsung tanggal 15 sampai dengan 18 Mei, dan bertempat di Lapangan Karang Pramuka, Desa Hargo Binangun, Pakem, Sleman, DIY ini diselenggarakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kehutanan, Kementerian Kehutanan RI.

 

Penyelenggaraan Jamnas dalam rangka meningkatkan peran dan kapasitas penyuluh kehutanan pada pembangunan kehutanan, diikuti sekitar 1.250 orang dari seluruh indonesia terdiri dari para Penyuluh Kehutanan PNS, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, Penyuluh Kehutanan Swasta, Pengurus Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO), Pengurus Himpunan Pelestari Hutan Andalan (HPHA), Kelompok Tani Hutan, Peneliti Kehutanan, dan Widyaiswara (WI).

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jamnas diantaranya Temu Wicara Dengan Ketua Bakornasluh Dan Menteri Kehutanan, Gelar Teknologi Hasil Litbang, Pameran Dan Temu Karya, Munas HPHA dan IPKINDO, Pertemuan Penyuluh UPT Lingkup Ditjen PHKA Kementerian Kehutanan, Pentas Seni dan Kunjungan Lapangan.

Jamnas yang bertema Menuju Penyuluh Kehutanan yang Kompeten dan Profesional, dimaksudkan untuk menfasilitasi pertemuan serta untuk menjamin kemampuan dan kreativitas para Penyuluh Kehutanan dari berbagai unsur. Bertujuan membangun jiwa korsa Penyuluh Kehutanan; membangun jejaring kerja (networking) sesama penyuluh dalam pelaksanaan penyuluhan kehutanan; sharing informasi dan tukar pengalaman antar para penyuluh; meningkatkan kapasitas Penyuluh Kehutanan (wawasan, kreativitas, motivasi dan kinerja ); serta membangun kemitraan dan sinergitas antara penyuluh dalam pelaksanaan penyuluhan kehutanan.

Jamnas dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Hatta Rajasa, selaku Ketua Badan Koordinasi Nasional Penyuluhan Pertanian, Perikanan Kelautan, dan Kehutanan, Kamis (16/05), ditandai dengan pemukulan bende. Hadir mendampingi Menko Bidang Perekonomian, Menteri Kehutanan, Menteri Pertanian dan Kelautan, Wagub DIY, Bupati Sleman, dan sejumlah pejabat lainnya.

Sementara untuk meningkatkan kinerja, pada kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada Penyuluh Kehutanan yang berprestasi dalam berbagai lomba, antara lain Karya Tulis Inovasi Baru/Teknologi Tepat Guna, Seri foto Hasil Penyuluh Kehutanan, dan Lomba Cipta Lagu Mars Penyuluh Kehutanan.
Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menhut Zulkifli Hasan, Wagub DIY Paku Alam IX, Bupati Sleman Sri Purnomo, melepas burung dan menanam pohon penghijauan. (rsd)

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: