21 Mei 2012
  Humas Berita,

Drand Band AKABRI Yogyakarta Semarak Harkitnas Ke-104 Tingkat Provinsi DIY

Drand Band AKABRI Yogyakarta Semarak Harkitnas Ke-104 Tingkat Provinsi DIY

Yogyakarta(21/5/2012) pemda-diy.go.id. Cara berfikir nasionalis dalam membangunIndonesiabaru di masa depan adalah bagaimana mengutamakan kepentingan kehidupan nasional. Dalam hal ini, seyogianya cara berpikir nasionalis adalah antitesis dari cara berpikir individual atau perorangan, antitesis dari cara berpikir kedaerahan, antitesis dari cara berpikir kepartaian atau golongan, dan mutlak antitesis dari cara berpikir kolonial.

Penegasan demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan InformatikaTifatul Sembiring dalam sambutan tertulisnya yang dibacakanDan Lanud Adisucipto YogyakartaMarsekal Pertama Abdul Muis pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-104 Tingkat Provinsi DIY di Lapangan Mandalakrida, Yogyakarta yang juga dihadiri Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX.

Lebih jauh Menkominfo dalam Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Provinsi DIY yang diikuti oleh unsure TNI dari 3 angkatan, Polri, PNS, Sat Pol PP, Menwa, Organisasi Kepemudaan,Mahasiswa dan Pelajar tersebutmenyatakan bahwa dalam memaknai kebangkitan nasional dan wacana Indonesia ke depan yang lebih baik, mandiri, sejahtera dan lebih bermartabat, diperlukan adanya korelasi antara kesadaran sejarah, fakta sosial, dan semangat nasionalisme ke-Indonesia-an . Karena nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai persatuan dan kesatuan, nilai-nilai kejujuran, dan nilai-nilai kebersamaan yang menjadi ciri ke-Indonesia-an kita,telah dipelopori oleh para pendahulu kita melalui gerakan Boedi Oetomo yang kemudian dapat dijadikan suatu enerji bagi langkah-langkah kita kedepan.

Namun demikan lanjut Tifatul Sembiring sejauhmana semangat nasionalisme tersebut terimplementasi dalam setiap potensi, profesi, tugas dan tanggung jawab perilaku masing-masing individu warganegaraIndonesiadalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sejalan dengan semangat dan jiwa kebangkitan nasional yang telah dirintis oleh para pendahulu kita, maka tidak berlebihan, jika bangsa Indonesia dewasa ini menjadi pusat dan pusaran serta proses kebangkitan bangsa-bangsa regional se-ASEAN, bangsa-bangsa Asia-Pasifik, dan bahkan bangsa-bangsa dunia. Masalah-masalah perkembangan sosial budaya, pertumbuhan ekonomi, serta masalah pertahanan dan keamanan, menjadi fokus bahasan, dimana Indonesia telah mampu dan berhasil menjadi tuan rumah bagi kemaslahatan bangsa-bangsa kawasan regional ASEAN dan Asia-Pasifik, yang diharapkan dapat diwujudkan pada tahun 2015 mendatang.

Berkaitan dengan denga Tema Peringatan hari Kebangkitan Nasional Dengan semangatKebangkitan Nasionalkita tingkatkan kesadaran Berbangsa dan Bernegara yang Berkarakter, Damai dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat yang Sejahtera Menkominfo melalui Dan Lanut Adisucipto Marsekal Pertama Abdul Muis menekankan semangat kebangkitan nasional yang telah dirintis oleh para pendahulu kita, tetap dan terus menjadi obor penerang dan pencerah bagi langkah anak bangsa, untukmenjaga dan mengembangkan konstruksi nasionalisme yang bercirikan ke-Indonesia-an sejati.

Karena Konstruksi nasionalisme yang berkarakter sebagai bangsa yang bermoral (relegius), karakter sebagai bangsa yang beradab, karakter sebagai bangsa yang bersatu, bangsa yang berdaya, dan karakter bangsa yang berpartisipasi, dia yakin bahwakejayaan bangsa dan negaraIndonesiaterwujud.

Menandai Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke- 104 tersebut selain Pengibaran Bendera Merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera PPI DIY,pembacaan UUD 1945, Pancasila,Mengheningkan cipta untuk para Pahlawan juga diserahkan Sertifikat Akreditasi kepada Rumah Sakit Daeah Grhasia, Sleman dari Gubernur DIY kepada Direktur Rumah Sakit Grhasia dr.LA.Arida Oetami.M.Kes oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX.

Selaku Komandan Upacara pada Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke- 104 Ti8ngkat Provinsi DIY yang dimeriahkan oleh tampilnya Atraksi Drand Bund dari Akabri tersebut Mayor Sus Ayub.Sag dari TNI Angkatan Udara Adisucipto Yogyakarta.

Usai upacara Bendera di Mandalakrida Panitia Peringatan hari Kebangkitan Nasional melanjutkan kegiatannya yaitu upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Nasional DR.Wahidin Sudiro Husodo di Mlati, Jln.Magelang, Sleman dengan Inspektur Upcara Kapolda DIYBrigjen Pol Tjuk Basuki dan juga dihadiri Sekjen kementerian Komunikasi dan InformatikaDR.Basuki Yusuf Iskandar. (Kar/rsd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: