23 Mar 2012
  Humas Berita,

Dua Wakil Gubernur Kepri dan DIY Saling Bertemu dalam Rakor Kehumasan Semalam

 

Dua Wakil Gubernur Kepri dan DIY Saling Bertemu dalam Rakor Kehumasan Semalam

Kepatihan,Yogyakarta (22/03/2012)pemda-diy-go.id. Provinsi Kepulauan Riau Provinsi yang ke 32 dari 33 Provinsi di Indonesia masih merasa kurang pengalaman dalam rangka pengelolaan Komunikasi dan Informasi yang dibutuhkan masyarakat,sehingga menganggap perlu menimba ilmu ke Provinsi DIY terkait dengan kehumasan dan Keptrotokolan di Pemda Kepulauan Riau tersebut.

Itulah salah satu tujuan rombongan Observasi Lapangan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang yang berjumlah 100 orang baik dari humas instansi maupun protokolnya dipimpin Wakil Gubernur Kepulauan Riau DR.H.M.Soerya Respationo,SH.MH yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX di Gedung Pare Anom,Kepatihan,Yogyakarta,yang didampingi PLT.Asisten Pemerintahan Astungkoro dan Asisten Administrasi Umum Sigit Sapto Rahardjo .

Sementara itu Gubernur DIY Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Adminsitrasi Umum Drs.H.Sigit Saptorahardjo selain mengucapkan selamat datangnya di Yogyakarta serta terima kasih dia menjelaskan sejarah panjang berdirinya Provinsi DIY yang berasal dari penggabungan kedua lembaga yaitu Kraton Yogyakarta yang berdiri tahun 1755 dan Kadipaten Paku Alaman yang berdiri tahun 1813.

Gubernur DIY lebih lanjut mengatakan bahwa Provinsi DIY dapat berkembang pesat seperti ini karena memiliki tiga (3) pilar pembangunan utama yang sekaligus merupakan keunggulan daerah yaitu pendidikan, budaya dan pariwisata yang semua itu saling berkaitan. Menurut Gubernur DIY Pendidikan merupakan proses pembudayaan, sebaliknya tidak ada proses spendidikan tanpa kebudayaan,tandasnya. Oleh karena itu kata Gubernur, Pemerintah provinsi DIY berusaha menciptakan pendidikan dan kebudayaan, untuk mampu menyerap budaya luar secara selektif dan adaptif tanpa meninggalkan warisan budaya local.

Menyinggung perkembangan industri pariwisata Gubernur DIY menyatakan abahwa yogyakarta didukung dengan keanekaragaman obyek wisata, juga didorong dengan wisata MICE( Meeting,Incentif, Conference and Exibition) , dimana yogyakarta telah memiliki berbagai fasilitas pendukung yang memadaai sebagai destinasi utama MICE di Indonesia.

Rombongan observasi lapangan rombongan Wakil Gubernur Kepri secara resmi oleh wakil Gubernur DIY Paku Alam IX dilanjutkan dialog dengan antara jajaran humas-humas dan protocol kabupaten Kota se Provinsi DIY dengan humas dan protocol SKPD atau instansi se Kepulauan Riau seputar kegiatan masing-masing termasuk hubungan Humas dan protocol Pemprov DIY dengan DPRD serta Humas dengan para wartawan.

Disamping itu tamu dari Provinsi Kepri juga ingin tahu jauh kedudukan protokoll DIY ketika melaksanakan tugas sebagai protocol pelayan pemerintah di PemdaDIY serta protocol DIY sebagai pelayan pada kegiatan di Kraton karena Sultan sebagai raja apakah peran protocol juga sama.

Usai dialog dan saling tukar informasi antara Pejabat Provinsi Kepulauan Riau termasuk diikuti 4 anggota DPRD nya diakhiri dengan tukar menukar cindera mata antara Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX dengan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau DR.H.M.Soerya Respationo,SH.MH.

Rombongan selain bertamu di Pemda Provinsi DIY malam ini, besok pagi (Jumat,23)akan berwisata di Kraton Yogyakarta dan obyek-obyek wisata lainnya di Yogyakarta dan Sabtu,24/3 baru kembali lagi ke Provinsi Kepri.(Kar/rsd)

HUMAS Ro UHP Provinsi DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: