24 Feb 2012
  Humas Berita,

Forum Komunikasi Pengusaha dengan Gubernur

Forum Komunikasi Pengusaha dengan Gubernur

KEPATIHAN YOGYAKARTA (24/022012) pemda-diy.go,id Gubernur DIY Hamengku Buwono X menyampaikan piagam penghargaan sebagai wujud rasa terimakasih kepada para pengusaha khususnya kalangan dealer mobil dan motor yang telah menyumbang PAD selama tahun 2011. Hal tersebut disampaikan dalam acara Forum Komunikasi antara Pemprov. DIY dengan para pengusaha se DIY di Hotel Melia Purosani, Kamis malam (23/2).

Dalam laporan singkatnya Kepala Kantor DPPKA Pemprov. DIY Drs Bambang Wisnu Handoyo menyampaikan bahwa forum ini akan dapat menggali potensi daerah dengan mengoptimalkan penerimaan daerah yang bersumber dari partisipasi masyarakat khususnya dunia usaha, menyederhanakan proses pelayanan serta adanya silaturahmi dan koordinasi antara pemerintah daerah, wajib pajak dan dunia usaha.

Dalam sambutannya Gubernur DIY mengungkapkan bahwa Forum ini selain untuk mengapresiasi sejumlah pihak ketiga juga dimaksudkan guna membangun komunikasi dunia bisnis dan pemerintah dengan menempatkan lembaga keuangan sebagai mitra investasi. Berharap juga angar dunia Perguruan Tinggi lebih mendekatkan diri dengan dunia industri guna mengembangkan ilmu yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kapasitas dan mutu.

Sultan mencontohkantrining center pada industri sepeda motor PT. Mega Andalan Kalasan sebuah industri lokal yang berbasis mekanikal teknologi, merupakan industri lokal yang telah menghasilkan klaster industri kecil sebagai pemasok komponen produk yang dibinanya dari pemuda karang taruna. Disitu proses aplikasi teknologi diciptakan dan lulusannya akan mempunyai peluang menjadi mitra perusahaan. Merupakan suatu kampanye mencintai produk sendiri guna mengatasi krisis global dan tenaga kerja, dengan bahanbaku, rancang bangun dari produk lokal dan semua telah diatur dalam peraturan MenteriPerindustrianRI.

Piagam penghargaan disampaikan kepada beberapa perusahaan di DIY yaitu PT. Sumber Baru Motor, PT Indo Jaya Motor, Astra Izusu, PT. Sumber Bahtera Motor, Borobudur Otomotif, Astra Internasional Daihatsu dan PT. Sumber Buana Motor.

Forum diisi dengan pemaparan dari beberapanarasumber disertai dengan tanya jawab, dengannarasumber Achiran Pandu Djajanto, SH, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian Negara BUMN RI, Ir. Buntoro, Ketua Umum APPINDO DIY/ Chairman PT.MAK dan Dr. Ir. Sutrisno, MS, ME, dosen jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UGM/ anggota Dewan Riset Daerah, moderator Hari Dendi. Dengan mengambil tema Dengan Spirit Yogyakarta-Incorporated Kembangkan Produk-produk Lokal. (Ali)

Bagaimana kualitas berita ini: