17 Jul 2012
  Humas Berita,

Gelar Budaya Tahun 2012 di SMKI Yogyakarta

Gelar Budaya Tahun 2012 di SMKI Yogyakarta

 

YOGYAKARTA (17/07/2012) pemda-diy.go.id - Dengan dimilikinya potensi budaya yang lengkap baik berdasarkan dimensi temporal, spasial maupun formal saat ini Yogyakarta mampu menembus hubungan secara bilateral maupun secara formal telah berhasil menjalin kerjasama dalam bidang tukar menukar informasi budaya terutama dalam bentuk sister city sampai dengan tahun 2009 saja sudah tercatat 62 negara sahabat.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX dalam sambutannya pada acara Gelar Budaya di Pendopo SMKI Yogyakarta Kasihan Bantul. Senin Malam (16/07).

Wagub juga mengatakan saat ini berbagai bentuk kesenian yang tercipta bersamaan dengan keberadaan pusat-pusat kebudayaan lama hingga kini masih terus berkembang di wilayah DIY. Berbagai seni meliputi seni murni seni rupa dan seni kruiya bahkan seni pertunjukan ada musik dan tari serta seni bangunan, sehingga tidak dipungkiri kalau DIY sekarang ini banyak bermunculan sekolah dan perguruaan tinggi seni serta sanggar- sanggar seni., yang pada akhirnya pemerintah Provinsi DIY juga memberikan fasilitas barupa wadah untuk mengekspresikan inovasi dan kreasi seni serta pemberian penghargaan bagi prestasi-prestasi seni dari seluruh jenis dan cabang kesenian.

Wagub berharap dengan masuknya bergam seni budaya asing ke Negara kita hendaknya bisa disikapi dan diantisipasi sedini mungkin dengan upaya mengaktualisasikan berbagai potensi budaya yang ada serta mempererat persaudaraan dan kerukunan antar pelaku budaya sehingga perkembangan seni budaya di masing-masing daerah diseluruh wilayah Indonesia bahkan khususnya di DIY itu sendiri dapat beriringan, bersatu untuk meningkatkan semangat dan jiwa nasionalime dimasyarakat dan warga Negara Indonesia.

Sementara dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Prov DIY sekaligus Ketua penyelenggara kegiatan Gelar Budaya Drs. H. GBPH Yudaningrat, melaporkan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah sebagai upaya dari Pemerintah Provinsi DIY dalam rangka melestarikan, membina dan mengembangkan adat tradisi seni Budaya Kraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan potensi dan keragaman seni budaya yang ada di DIY, menyediakan ruang untuk berekspresi seni dan berkarya sekaligus ajang promosi kepada para pelaku seni budaya di DIY serta memberikan presiasi seni kepada para wisatawan agar lebioh memahmai dan mencintai potensi dabn keragam buidaya di DIY.

Gelar budaya ditandai dengan pemukulan salah satu instrumen gamelan jawa oleh Wagub DIY yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Prov. DIY serta dilanjutkan dengan tari pembukaan Sekar Pudyastuti yang diciptakan oleh Rama Sasmita Mardawa dan ditarikanmoleh siswa siswi SMKI Yogyakarta. (dyk)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: