10 Nov 2023
  Humas DIY Berita,

Generasi Penerus Tundukan Kepala, Kenang Pahlawan di TMP Kusumanegara

Yogyakarta (10/11/2023) jogjaprov.go.id – Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan agar terus menggelora di hati para generasi masa kini. Sebagai penerus bangsa, generasi muda diharapkan dapat meneruskan jejak perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kedaulatan negara dan bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan Gubernur AAU Marsda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS. saat ditemui usai bertindak selaku Inspektur Upacara Ziarah Nasional Peringatan Hari Pahlawan DIY Tahun 2023 pada Jumat (10/11). Upacara ziarah yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan berlangsung secara khidmat kurang lebih selama satu jam ini bertempat di Kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara.

“Ziarah Peringatan Hari Pahlawan tentunya kita semua tahu untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan agar terus menggelora di hati para generasi yang sekarang. Tentunya harus kita pupuk dan kita jaga selamanya,” tutur Marsda TNI Purwoko.

Jenderal Sudirman, Letjend Oerip Soemohardjo, Brigjend Katamso Darmokusumo, Kolonel Sugiono, Supeno, Irjen F.X. Sumardi, dan Majend Soegiarto merupakan beberapa nama pahlawan yang disemayamkan di TMP Kusumanegara ini. Pahlawan-pahlawan tersebut adalah tokoh yang berjasa besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Perjuangan pahlawan, kita melihat di sini ada makam Bapak Jenderal Sudirman. Beliau berjuang untuk memerdekakan Indonesia, merebut kembali dari tangan Belanda yang waktu itu berhasil menduduki Yogyakarta. Beliau menjadi contoh untuk segenap jiwa Indonesia. Terutama kalau di TNI beliau Jenderal besar, beliau pahlawan kita, juga untuk bangsa ini. Beliau orang yang rela berkorban untuk bangsa tanpa pamrih sama sekali,” jelas Marsda TNI Purwoko.

Oleh karenanya, kepada generasi muda penerus bangsa, Marsda TNI Purwoko pun berharap agar para generasi tersebut dapat mengikuti dan meneruskan jejak perjuangan pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan Indonesia ini. “Kita berharap generasi muda penerus bangsa tentunya menjalankan jejak perjuangan para pahlawan kita di zaman sekarang. Karena di zaman yang penuh tantangan ini, di situasi dunia yang cepat berubah ini kita harus mempertahankan kedaulatan negara dan bangsa kita,” ujar Marsda TNI Purwoko.

Pada Upacara Ziarah Nasional Peringatan Hari Pahlawan DIY Tahun 2023 dengan Letkol Sus Much. Wildan Sya'roni., S.Ag yang bertindak sebagai komandan upacara, dilaksanakan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan doa, dan tabur bunga. Upacara ziarah tersebut diikuti oleh masing-masing satu pleton pasukan Korem 072/Pmk, Lanal Yka, Lanud Adisutjipto, Polda DIY, mahasiswa UST, PNS BPKA DIY, FKBN DIY, SMK N 4 Yogyakarta, serta 1 pleton pasukan gabungan siswa SMPN 12 Yogyakarta, SMP Taman Dewasa Jetis, dan SMP Muh Yogyakarta. (Han/Ts/IP)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: