26 Feb 2021
  Humas Berita,

GKR Hemas Lantik Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Sleman

(23/02/2021) jogjaprov.go.id –Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyaksikan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten/kota pada Jum’at (26/02), di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK DIY, GKR Hemas terhadap Hj. Emi Masruroh, Hj. Diah Purwanti, dan R.A.Y. Sri Hapsari Suprobo Dewi sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Sleman.

Pada acara tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan, PKK merupakan gerakan masyarakat yang berjenjang dari pusat ke dasawisma yang bertujuan untuk menguatkan program-program pemerintah. PKK juga merupakan wadah bagi wanita Indonesia untuk turut serta berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya dalam bidang kesejahteraan keluarga. Dengan 10 programnya, PKK berupaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kerja cerdas dan efisien yang dilakukan oleh PKK untuk memperoleh hasil yang maksimal terus dioptimalkan untuk mewujudkan keluarga sejahtera di DIY.

Menurut Sri Sultan, perempuan yang hebat dapat terlahir lewat bidang-bidang pengabdian seperti pelestarian lingkungan, pemberdayaan perempuan, edukasi keluarga, penghargaan atas hak-hak perempuan dan anak, serta kesehatan keluarga. “Saya berharap, kegiatan apresiatif ini dapat menjangkau lebih banyak perempuan agar bisa saling mendukung dan tetap produktif dalam berkegiatan,” ungkap Sri SUltan.

Sementara itu, melalui pelantikan tersebut, GKR Hemas turut menyampaikan harapan agar anggota PKK mampu mewujudkan dukungan yang nyata untuk pemerintah. “Untuk selanjutnya mari kita bersama-sama menciptakan kondisi yang selaras dan serasi dalam hubungan kerja antara Pemerintah Daerah dengan TP PKK Kabupaten sebagai pemegang dan pelaksana amanat masyarakat,” ungkap GKR Hemas.

Dalam masa pandemi ini, PKK turut memiliki peran penting untuk mewujudkan ketahanan keluarga. PKK melakukan sosialisasi 5M dan 3T serta gerakan untuk mengikuti vaksinasi secara berjenjang. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, PKK turut andil memerangi penyebaran virus covid-19 di lingkungan masyarakat.

“Harapan kami herd immunity di DIY segera terbentuk, sehingga roda perekonomian dapat segera berjalan lagi,” tegas Anggi Bambang, Sekretaris TP PKK DIY. (sf)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: