09 Mei 2012
  Humas Berita,

GOPTKI DIY Peringati HUT GOPTKI Ke-55

GOPTKI DIY Peringati HUT GOPTKI Ke-55

Sultan: Guru PAUD Diharapkan Beri Pembelajaran Yang Mengarah Pada Pembentukan Karakter

KEPATIHAN YOGYAKARTA (09/05/2012) pemda-diy.go.id DPD Gabungan Organisasi Penyelengara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Provinsi DIY memperingati HUT GOPTKI ke-55, di Gedung Unit VIII, Kompleks Kepatihan Danurejan, Yogyakarta, Rabu (09/05). Peringatan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Asiten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov DIY, Ir.RM. Astungkoro, MHum atasnama Gubernur.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya mengemukakan, pengembangan dan peningkatan SDM melalui kelembagaan yang menaungi para pendidik dijenjang pra sekolah, memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung pengembangan pendidikan pra sekolah yang berkualitas. Sebab, pengembangan pendidikan pra sekolah atau pendidikan sejak dini menjadi dasar untuk menanamkan dasar karakter anak, sekaligus berupaya agar anak-anak mempunyai karakter, berakhlak mulia, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dikatakan, khusus untuk jejang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), guru diharapkan memberi pembelajaran yang bisa lebih mengarah pada pembentukan karakter, melalui lagu atau bernyayi sambil belajar.Karena dengan penuh keceriaan anak usia dini akan senang masuk sekolah, maka sasaran pendidikannya akan bisa mengena sasaran. Untuk itu, dalam mendidik anak usia dini dibutuhkan keahliantersendiri, disamping merupakan panggilan hati nurani yang tulus dari para pendidik.

Bertanggung jawab, memberipendidikan dengan benar, bijaksana tanpa kekerasan, maka hasilnyapun akan cemerlang. Karena usia 2 tahun hingga 4 tahun itu masa usia emas, maka jika anak diberi pengajaran yang benar akan menghasilkan anak yang cerdas, tandas Sultan.

Sultan memberi masukan, agarGOPTKI memiliki unit usaha seperti koperasi yang menjual kreativitas para guru, dengan tujuan mempunyai sumber dana. Dengan memiliki unit usaha, akan ada sumber dana yang masuk, sehingga dalam menjalankan kegiatan tidak kerepotan mencari dana.

Menurut Ketua DPD GOPTKI Tika Ichsanuri menjelaskan, GOPTKI DIY akan selalu meningkatkan kualitas pengabdiannya, serta mencerdaskan bangsa melalui pendidikan dan pembinaan anak usia dini. Lembaga yang dipimpinnya jugaberusaha menyatukan organisasi, dengan membagun kerjasama untuk menunjang dan mengembangkan PAUD di masa mendatang.

Sebelum puncak acara, DPD GOTKI telah menyelengarakan lomba Cipta Tari Tradisional. Dalam lomba tersebut dinyatakan keluar sebagai Juara I TK Tunas Mekar Gamping, Juara II TK Galur Kulonprogo, Juara III TK Podomoro Gunung Kidul, Juara Harapan I TK PWS Surokarsan Kota Yogyakarta, dan Juara Harapan II TK Pusara Rini Depok Sleman. (skm/rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: