06 Apr 2012
  Humas Berita,

Gubernur DIY menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIV Tahun 2012 KULON PROGO (05/04/2012) pemda

Gubernur DIY menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIV Tahun 2012

KULON PROGO (05/04/2012) pemda-diy.go.id Kabupaten Bantul mejadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXIVTingkat Provinsi DIY Tahun 2012, yang diselenggarakan di Gedung PDHI Wates Kulon Progo. dimana para kafilahnya berasaldari Kabupaten/Kota se Daerah Istimewa Yogyakarta.Musabaqah Tilawatil Quran ini juga sebagai wahana pembelajaran bagi para kafilah.

Hal demikian disampaikanGubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibabacakanPlt. AsistenPemerintahaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DIY, Ir R.M. Astungkoro. M.Hum,sekaligus menutup Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXIVdi Gedung PDHI Wates Kabupaten Kulonprogo, pada hari Kamis (5/4).

Bagi kafilah yang mendapat juara jangan merasa bangga diri karena kalian masih harus belajar dan berjuang guna mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Ambon bulan Juni tahun 2012 mendatang, bawalah nama baik Yogyakarta di Daerah orang lain, jaga sopan santun kalian, dan jangan lupa jaga kesehatan supaya bisa mengikuti Musabaqoh Tilawil QuranTingkat Nasional.Pesan Gubernur

Al-Quran jadikanlah sebagai pedoman hidup sehari-hari, Al-Quran jangan hanya dibaca semata, tetapi tidak dimakanai arti dan kandungannya, sehingga orang pandai membaca Al-Quran namun sikap dalam lingkungan tidak memaknai Al-Quran .

Gubernur mengucapkan selamat kepada kalifah yang mendapat juara, dan akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta maju ke Tingkat Nasional, dan Bagi Kafilah yang belum mendapat juara jangan rendah hati, tingkatkan belajar kalian, semoga ditahun mendatang kalian bisa meraih yang kalian cita-citakan, dan bisa mendapat juara.

Sementara itu Wakil Bupati Kulon Progo Drs. Sutejo mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia

penyelenggara karena pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran di Kabupaten Kulon Progo bisa berlajan lancar tampa ada hambatan yang berarti. Dan semoga Musabaqah Tiwalin Quran mendatang Tingkat Provinsi DIY Juga bisa Lancar.

Al-Quran merupakaninspirasi yang tak pernah habis jika kita mau menggalinya, dimana Al-Quran selalu mengikuti zaman hingga akhir zaman. Jika kita percaya kebenaran Al-Quran maka kita juga akan yakin Firman-Firman Allah SWT, yang ada dalam Al-Quran. Dalam Al-Quran telah diatur pula kehidupan bermasyarakat, jika kita mematuhi maka lingkungan kita akan nyaman, aman dan damai. Tandasnya.

Adapun prestasi Kabupaten Bantul yang diraih dari 16 cabang adalah Tilawah Gol. Dewasa Putra atas nama Hilmi Musthofa (47,63), Tilawah Gol. Remaja Putri atas nama Nur Raisyah Ulin Nuha (187), Tilawah Gol. anak-anak putra diraih M.Arif Muzayar (177,5) dan Tilawah Gol. anak-anak putri diraih Iffah Munifah ZM (185).

Cabang lain yang berhasil diraih adalah Tilawah Gol. Tuna Netra putra diraih Ali Apandi (181), Cabang Tahfidh Gol. 5 Juz Putri atas nama Widat'Ulya (343,50). Sedangkan Aburrohim keluar sebagai pemenang pertama Cabang Tahfidz gol. 10 juz putra, Cabang Tahfidz gol. 30 juz putra diraih Abu Hurairah (194,33), Cabang Tahfidz gol. 30 juz putri diraih Hilyatu Sa'adah (168,03), Cabang Tafsir Bahasa Indonesia putra diraih Ilham Akbar (180,57), Cabang Musabaqoh Fahmil Qur'an beregu Riza Pera N, Lailiyatul Muyassaroh dan Shofwatun Nada (2.475).

Tidak berhenti disitu ternyata Kabupaten Bantul masih meraih prestasi lain yang diperoleh dari Cabang Khath Al-Qur'an Gol. Penulisan Naskah Putra atas nama Muhammad Hafid (94). Cabang Khath Gol. Hiasan Mushaf Putra oleh Ahmad Ashof (96), Khath Gol. Hiasan Mushaf Putri oleh Desi Wahyuni (92). Cabang Khatt Al Qur'an Gol. Dekorasi putri diraih Eulis Ela Hayani (92), dan Cabang Musabaqoh Makalah Ilmiah Al Qur'an (M2IQ) putra diraih Ar Ramdhan Qodrat P. (140). Selain keluar sebagai yang terbaik kafilah Kabupaten Bantul juga ada yang keluar sebagai pemenang kedua dan ketiga.

Sedangkan tuan rumah Kulonprogo sebagai penyelenggara hanya mampu menyabet tiga cabang yang meraih juara pertama yakni Cabang Tilawah Golongan Dewasa Putri diraih Rahmawati (48,38), Cabang Tilawah Golongan Tartil Putra diraih Muhammad Abdul Rohman (88) dan Cabang Tilawah Golongan Tartil Putri diraih Dian Nur Rohmah (89). Juga berhasil meraih juara kedua dan ketiga di beberapa cabang yang dilombakan.

Panitia menginformasikan bahwa STQ tahun 2013 depan akan dilaksanakan di Kabupaten Bantul, mohon Doa Restunya agar pelaksanaan STQ bisa berjalan lancar seperti Musabaqah Tilawatil Al-Quran saat ini. (krm/bd)

Humas Ro.UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: