26 Apr 2012
  Humas Berita,

Gubernur DIY Re-Launching Program Green and Clean Provinsi DIY

Gubernur DIY Re-Launching Program Green and Clean Provinsi DIY

Gubernur DIY ajak masyarakat :marilah bergotong-royong untuk menyelaraskan diri dengan alam, niscaya kita akan memperoleh lingkungan yang nyaman dan lestari.

Sleman (26/04/2012) pemda-diy.go.id. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan apreasi positif kepadaPT Unilever Indonesia yang telah memprakarsai Program Green and Clean,karena dengan program ini dapat menggerakka partisipasi masyarakat untuk semakin peduli dengan lingkungannya. Bahkan tidak hanya itu, secara langsung dan tidak langsung program ini juga turut menjaga budaya gotonng-royong di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DIY dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi DIY Ir.Drajad Ruswandono.MT ketika me Re-Launching Program Green and Clean Provinsi DIY pagi tadi (26/04/2012)di Aula Youth Center, Tlogoadi,Mlati,Sleman.

Tujuan diselenggarakannya re-launching Program Green and Clean Provinsi DIYini menurut Ketua Panitia penyelenggara Agus Yustianto dari Unilever adalahuntuk mendorong perilaku masyarakat agar mampu berkontribusi untuk mengurangi sampah organic dan non organic, dalam skala komunal, menciptakan lingkungan hijau dan asri serta berperilaku hemat energy.

Adapun focus programnya di daerah Istimewa YogyakartajelasAgus Yustianto pembentukan55 bak sampah diseluruh Daerah Provinsi DIY yang diawali dengan melibatkan kmunitas masyarakat dalam 452 RW/pedukuhan dari 5 kabupaten/Kota se Propvisi DIY sekaligus sebagai pesertanya dan programnya menitik beratkan pada pengelolaan sampah, penghijauan, sanitasi, partisipasi masyarakat pelestarian air dan terbentuknya bank sampah di wilayah dampingan sehingga diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat dan nilai ekonomis dari pada pengelolaan sampah tersebut.

Kegiatan re-launching ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu hari ini tanggal 26 hingga 27 April 2012 dan diikutikurang lebih 55 orang peserta dari kabupaten/Kota se Provinsi DIY.

Lebih lanjut ubernur DIY mengatakan bahwaada dua manfaat yang bisa kita ambil dengan adanya Program Green and Clean ini yaitu pertama, manfaat bagi lingkungan. Karena dengan mengikuti program inidapat mengetahui setidaknya 5 kegiatan pokok yaitu penghijauan,pengolahan sampah, hemat air, sanitasi dan kesehatan. Kegiatan ini lanjut Gubernur DIY secara berkelanjutan sehingga banyak segi opositifnya yang bisa kita ambil seperti adanya lingkungan yang sehat, mengurangi berbagai resiko penyakit, berkurangnya volume sampah dan lain-lain.

Manfaat kedua menurur Gubernur DIY adalah manfaat social. Sebab Program ini juga berbasis komunitas, pasti dibutuhkan peran serta seluruh warga RW/Pedukuhan untuk menjalankannya. Sehingga dengan keterrlibatan semuaorang tersebut terbentuk masyarakat yang saling membantu, sepi ing pamrih, rame ing gawe, terciptanya lingkungan yang sehat, lestarinya budaya guyub dan masalah lingkungan dapat disengkuyung bersama.

Dibagaian lain dalam kesempatanre-launching program Green and Clean Gubernur DIY melalui Kepala badan Lingkungan Hidup Provinsi DIY berharap program ini harus terus dilanjutkan. Apalagi dari tahun ke tahun konsistensi masyarakat dalam menjaga lingkunganpunsemakin baik. Bahkan kader-kader /fasilitator lingkungan lahir juga dari program ini dan sudah mencapai ribuan. Itu semua tandasdia menjadi modal dalam membentuk masyarakat yang memiliki budaya atau perilaku hidup sehat. Dan filosofi Hamamayu Hayunuing Bawana mengatakan hidup ini akan indah jika ada keselarasan. Sehubungan dengan hal tersebut gubernur DIY mengajak marilah bergotong-royong untuk menyelaraskan diri dengan alam, niscaya kita akan memperoleh lingkungan yang nyaman dan lestari.

Mengakhiri sambutannya Gubernur DIY mengharapkan agar keberlanjutan program ini, karena program ini dapat semakin banyak membangun partisipasi aktif masyarakat untuk menjaga dan mencintai lingkungan, sebab dengan hanya dengan program yang berkelanjutandan peran serta masyarakatlah lingkungan kita dapat terus terpelihara.

Re Launcing Program Green and Clean kerjasama Pemda Provinsi DIY dengan berbagai sponsor seperti KR,Sonora, RB TV,Persadaditandai dengan penandatanganpapan Komitmen Green and Clean oleh Ir.Drajad Ruswandono.MT mewakili Gubernur DIY serta para pemrakarsa.

Hadir dalamkegiatan tersebutAnggota DPRD DIY janu Ismadi,BLH Kabupaten serta Camat Mlati kabupaten Sleman. (kar/rsd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: