20 Des 2012
  Humas Berita,

Gubernur DIY Serahkan Penghargaan Anugrah Budaya

 

Gubernur DIY Serahkan Penghargaan Anugrah Budaya

YOGYAKARTA (20/12/2012) portal.jogjaprov.go.id - Seberapa tingkat derajat kesadaran kita dalam nguri-uri serta mengahayati budaya yang dilandasi dengan kesadaran rasa, cipta dan karsa yang tulus,sehingga budaya adiluhung kita masih tetap terpelihara dan terawat dengan baik.

 

Hal demikian dikemukakan Gubernur DIY dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY.Drs.KBPH,Yudanigrat .MM, saat acara pemberian anugrah budaya kepada Lembaga, Pelaku, Pelestari Budaya , Pengembang Adat dan Tardisi , yang dilaksanakan di Gedung Pracimosono, Kepatihan Yogyakarta, hari kamis, ( 20/12).

 

Lebih lanjut dijelaskan Gubenur DIY bahwa, Yogjakarta merupakan Kota Budaya, sekaligus Kota Perjuangan dan pusat Revolusi untuk melawan penjajah yang banyak korban jiwa dan raga demi kemerdekaan Indonesia, disamping itu Kota Budaya Ngajogyakarta merupakan awal pusat budaya yang berkaitan dengan Kraton Mataram Islam yang berkembang pesat di Yogyakarta, termasuk keberdaan Kadipaten Pakualaman. Dari dua Kerajaan ini telah mewariskan berbagai Budaya dan Adat Tradisi yang memiliki karya seni yang Indah, dan perlu dilestarikan.

 

Dengan pemberian penghargaan dari Pemerinatah Daerah Istimewa Yogyakarta, ini diharapkan bisa mendukung upaya pelestarian Cagar Budaya serta bisa menunjang predikat DIY sebagai Kota pusat kebudayaan yang sarat dengan peninggalan budaya. Kata Gubenur.

 

Sementara itu Dra. Rihariyani Kepala Seksi Purbakala. Bidang Purbakala dan Museum Dinas Kebudayaan DIY, selaku Panitia penyelenggara melaporkan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian tidak lanjut dari pelestarian Cagar Budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Adapun Proses Penilaian berdasar pengajuan dari Kabupaten dan Kota Yogyakarta yang berjumlah 13. Namun yang bisa masuk nominasi ditetapkan Bangunan Cagar Budaya kelas C DIY Yaitu: Gedung Pusat UGM, Mewakili Kab Sleman, Gua Braholo ( Kab Gunung Kidul ) RS Santo Yusuf Boro ( Kab Kulonprogo) dan Rumah Indis jalan Mawar ( Kota Yogyakarta). Penghargaan berupa Piagam, Plakat, dan uang subsidi pemeliharaan masing-masing Rp. 5 juta. ( skm)

 

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: