21 Jun 2013
  Humas Berita,

Gubernur DIY Terima dan Jamu Delegasi Victoria,Asutralia

Gubernur DIY Terima dan Jamu Delegasi Victoria, Asutralia

YOGYAKARTA (21/06/2013) portal.jogjaprov.go.id. Dalam rangka mewujudkan cita-cita DIY menjadi Pusat Pendidikan se Asia Tenggara ditempuh dengan meningkatkan pendidikan di DIY berstandar Nasional dan Internasional serta pusat-pusat keunggulan ilmiah, penyediaan sumberdaya pendidikan yang handal, penciptaan lingkungan yang kondusif terhadap pendidikan, menarik minat peserta didik sebanyak-banyaknya dari luar DIY, mencetak lulusan yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan berakhlak mulia, meningkatkan masyarakat terdidik dan berbudaya, serta meningkatkan proporsi masyarakat yang berpendidikan menengah dan tinggi.

Hal tesebut dikemukakan Gubernur DIY Sri Sultan HB X melalui sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala BKPM DIY Supratikno kepada Delegasi pemerintah Victoria semalam ketika menjamu delegasi Victoria di Bangsal Kepatihan Yogyakarta yang juga dihadiri pengurus APTSI Kopertis V Daerah Istimewa Yogytakarta.

Delegasi Victoria seluruhnya berjumlah 450 orang, namun yang berkunjung ke Pemeintah DIY berjumlah 50 orang dipimpin Direktur Perguruan Tinggi Victoria Australia Anna Parkin, didampingi Wakil Konsul Victoria,Australia untuk Indonesia Gary Smith serta anggota Parlemen Victoria Ryan Smith.

Rombongan sebelum dijamu Pemerintah DIY telah melakukan sejumlah pertemuan dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta di Hotel Sheraton Yogyakarta untuk membahas kelanjutan kerjasama antara perguruan tinggi di Yogyakarta dengan perguruan tinggi di Victoria,Australia.

Dalam sambutannya Direktur Perguruan Tinggi Victoria Australia Anna Parkin pada jamuan makan malam semalam tersebut antara lain mengemukakan bahwa antara Victoria dengan Indonesia dan Yogyakarta akan terus mengembangkan kerjasama dibidang pendidikan karena Indonesia dan Yogytakarta mempunyai potensi bisa di gali.

Dibagian lain Gubernur DIY dalam sambutan tertulisnya menambahkan bahwa dalam rangka meningkatkan pendidikan di DIY tersebut saat ini infrastruktur pendidikan berupa sekolah/madrasah, baik negeri maupun swasta telah tersebar di seluruh DIY. Untuk SD/MI negeri maupun swasta berjumlah 2.017 sekolah merata di pelosok desa, SMP/MTs negeri maupun swasta berjumlah 70 sekolah, SMK negeri/swasta berjumlah 203 sekolah,TK/RA negeri/swasta berjumlah 2.209 sekolah, SLB 67 sekolah, dan perguruan Tinggi,universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik akademi dan lain-lain berjumlah 130 lembaga.

Berkaiatan dengan hal tersebut tandas Gubernur DIY melalui kepala BKPM DIY sampai dengan tahun 2012 program pemberantasan buta aksara sebagai salah satu program di Millenium Development Goals (MDGs) telah membantu sebanyak 98,23 persen orang di DIY menjadi melek aksara.

Sedangkan pada jenjang pendidikan tinggi pada tahun 2011 mahasiswa yang menimba ilmu di Yogyakarta sejumlah 272.647 mahasiswa dan pada tahun 2012 meningkat menjadi 298.997 mahasiswa dengan jumlah mahasiswa asing berjumlah 2.123 mahasiswa.

Usai dijamu dan menikmati budaya yang disuguhkan Pemda DIY rombongan tadi pagi (Jumat,21/06) diterima Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Wilis Kepatihan Yagyakarta.(kar/bd)

 

HUMAS DIY.

Bagaimana kualitas berita ini: