25 Nov 2013
  Humas Berita,

Hadapi Tantangan dan Perkembangan Tim Penggerak PKK DIY Adakan Rakor

 

 

 

 

Hadapi Tantangan dan Perkembangan Tim Penggerak PKK DIY Adakan Rakor

 

YOGYAKARTA (25/11/2013) portal.jogjaprov.go.id. Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memiliki posisi dan peran yang strategis dalam dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagai wadah aktivitas sosial kemasyarakatan, Gerakan PKK senantiasa berupaya memberikan kontribusi yang terbaik dalam mendukung percepatan pembangunan, serta dalam rangka membentuk keluarga yang mandiri di tengah-tengah masyarakat.

 

Hal demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda DIY Drs.H.Sigit Sapto Raharjo.MM ketika membuka Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Tingkat DIY tadi pagi (Senin,25/11) di Gedung Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta.

 

Lebih lanjut DIY Gubernur menandaskan bahwa PKK adalah gerakan nasional yang tumbuh dari, untuk dan oleh masyarakat, dengan perempuan sebagai motor penggerak utamanya. Keberhasilan PKK dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat, pelayanan kesehatan dan gizi melalui Posyandu, pelayanan pendidikan dan pemberdayaan keluarga, menunjukkan bahwa kaum perempuan memiliki kemauan dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan keluarga dan masyarakat yang sejahtera, tangguh serta mandiri lahir dan batin. Untuk itu, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh kader PKK DIY, atas peran serta dan sumbangsihnya terhadap upaya pencapaian kemakmuran dan kesejahteraan.

 

Oleh karena itu Sultan meminta sebagai mitra kerja yang baik, Gerakan PKK senantiasa mendukung program-program Pemerintah dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan ekonomi keluarga. Dalam melaksanakan program-program kerjanya, Gerakan PKK harus selalu berdampingan dengan Pemerintah, mulai dari Pemerintah Pusat hingga tataran Pemerintahan Desa/Kelurahan.

 

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK DIY, GKR Hemas melalui sambutan tertulisnya yang disampaikan Ketua III Tim Penggerak PKK DIY, Hj.Asiantini.MM antara lain mengatakan bahwa untuk menyelaraskan dan untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan PKK sesuai dengan hasil Rakernas VII Tahun 2010 serta 10 Program PKK adalah untuk memenuhi target MDGs 2015 yang merupakan target pembangunan yang spesifik dengan indikator yang terukur untuk menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, pendidikan dasar , kesetaraan gender, kesehatan ibu dan anak, pengendalian penyakit serta perbaikan kualitas lingkungan hidup

 

Sementara itu ketua Panitia Penyelenggara Rapat Koordinasi Tim Penggerat PKK yang juga selaku Ketua Bidang Perencanaan Tim Penggerak PKK DIY, Ir.Hj.Trimartini dalam laporan penyelenggaraannya menyampaikan bahwa rapat Koordinasi ini diikuti oleh 90 peserta dari Tim Penggerak PKK DIY, Tim Penggerak Kabupaten/Kota se DIY sebanyak 11 orang yaitu Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Ketua-ketua Bidang PKK Kabupaten/Kota se DIY.

 

Adapun Tema dari Rapat Koordinasi ini menurut Tri Marini adalah Dengan Rapat Koordinasi 2013 kita mantapkan kelembagaan Tim Penggerak PKK sesuai dengan Permendagri nomor 1 tahun 2013, dengan tujuan untuk mesosialisasikan tentang kelembagaan, program kerja, adminsitrasi PKK sesuai dengan hasil rapat konsultasi di Jakarta 4 sampai dengan 6 Oktober 2013, serta tersosialisasikannya kebijakan kelembagaan program kerja secara operasional Tim Penggerak PKK DIY dan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se DIY.

 

Disamping itu juga teridentifikasinya permasalahan dan upaya pemecahannya terhadap aspek kelembagaan, program kerja dan kegiatan adminstrasi PKK dan terumuskannya perencanaan program kerja dan tindajk lanjut Gerakan PKK yang terintegrasi antara Tim Penggerak PKK DIY dengan Tim penggerak PKK Kabupaten/Kota se DIY .

 

Adapun sebagai nara Sumber pada Rapat Koordinasi ini adalah Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK DIY, Ketua Tim Penggerak PKK DIY,serta unsur pejabat terkait. (krn)

 

 

HUMAS DIY.

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: