08 Nov 2012
  Humas Berita,

HKN ke 48 Indonesia Cinta Sehat, Ibu dan Anak Selamat

HKN ke 48 Indonesia Cinta Sehat, Ibu dan Anak Selamat

 

Yogyakarta, (08-11-2012) pemda-diy.go.id. Menyambut MDGs Dinas Kesehatan DIY melakukan berbagai kegiatan sosialisasi mengenai kesehatan terutama dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat, dengan berperilaku hidup sehat agar kesehatan masyarakat menjadi investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi.

Hal demikian disampaikan oleh dr. Sarminto, M.Kes., selaku Kepala Dinas Kesehatan DIY saat menggelar Jumpa Pers dalam rangka persiapan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-48 di Aula C, Dinas Kesehatan DIY, pada hari Kamis,(08/11)

Ditambahkan dr.Sarminto Setiap manusia diwajibkan untuk menjaga kesehatan masing-masing dengan berperilaku hidup sehat akan meningkatkan derajat kesehatan diri sendiri, karena apabila kita sehat maka dalam beraktivitas setiap harinya akan lebih nyaman. Seperti ada pepatah SEHAT MEMANG BUKAN SEGALANYA, TETAPI APABILA KITA TIDAK SEHAT, MAKA SEGALANYA TIDAK ADA ARTINYA Dinas Kesehatan DIY dengan berbagai cara untuk mensosialisasi tentang kesehatan tujuannya hanya agar masyarakat itu paham akan pentingnya kesehatan.

Melihat data kematian ibu tahun 2011 ada kasus 51 orang sementara tahun 2012 hingga September ini sudah terhitung 31 kasus, Sedangkan kematian bayi 419 dan balita 469, sementara untuk tahun 2012 kematian bayi 277 Balita 304, melihat data tersebut maka masyarakat masih perlu adanya peningkatan dalam mejaga kesehatan dengan berperilaku hidup sehat.

Sementara, drg. Igmatul, M.Kes juga mengatakan Pentingnya untuk kita peduli Ibu dan Anak. Bukan berarti laki-laki tidak diperhatikan tetapi seorang ibu dan anak merupakan manusia rentan yang perlu mendapat perhatian, katanya.

Peraturan Gubernur DIY No 59 Tahun 2011 tentang rujukan bagi pasien kerumah sakit itu bertujuan supaya pasien sebelum ada rujukan kerumah sakit yang lebih lanjut, diharapkan pasien bisa ditangani di rumah sakit setempat dulu, sehingga pasien benar-benar mendapatkan pelayanan yang optimal.

Disamping itu menyambut KHN Ke 48 ini, Dinas Kesehatan DIY melaksanakan berbagai kegiatan antara lain, Lomba Olah Raga, Dialog Interatif, Karnaval, Kampanye Penurunan AKI, AKB, Pameran, serta Upacara Bendera. (skm/skr).

Humas DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: