30 Nov 2013
  Humas Berita,

HUT KORPRI Ke-42 PNS Harus Meningkatkan Profesionalisme dan Netralitas

 

HUT KORPRI Ke-42 PNS Harus Meningkatkan Profesionalisme dan Netralitas

 

YOGYAKARTA (29/11/2013) portal.jogjaprov.go.id Sekretaris Daerah DIY, Drs. H. Ichsanuri pimpin upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-42, di halaman upacara Kepatihan Yogyakarta, Jumat pagi (29/11). Upacara diikuti seluruh pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah DIY di lingkungan Kantor Gubernur DIY Kepatihan Yogyakarta.

 

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutan tertulis yang dibacakan pemimpin upacara, Drs. H. Ichsanuri, mengemukakan, tema peringatan HUT KORPRI yaitu "Dengan Profesionalisme dan Netralitas, KORPRI Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Untuk Menjaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat", sangat tepat dan relevan. Karena saat ini, profesionalisme dan netralitas dalam pelaksanaan reformasi birokrasi sangat penting bagi tercapainya keberhasilan pembangunan nasional, utamanya dalam menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di seluruh tanah air.

 

Melalui tema itu, maka KORPRI harus meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparatur pemerintahan dan tetap netral dalam proses demokrasi yang sedang tumbuh dan berkembang di tanah air, katanya.

 

Presiden SBY mengingatkan, esensi dari reformasi birokrasi yang kita jalankan adalah memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Rakyat harus mendapat perlakukan dan pelayanan dari segenap aparatur pemerintahan dengan sebaik-baiknya.

 

Berkomentar terkait sistem lelang jabatan yang telah dijalankan oleh Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, Presiden SBY mengapresiasi hal tersebut. Sistem lelang jabatan dilaksanakan untuk menghasilkan pejabat yang benar-benar mampu bekerja keras dan memberikan pelayanan prima kepada rakyat. Sistem lelang jabatan ini, insya Allah dapat memfasilitasi percepatan pembentukan tatanan pemerintahan yang makin bersih, makin transparan, dan makin berwibawa.

 

Mengakhiri sambutannya, Presiden RI melalui Sekda DIY, menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada segenap anggota KORPRI yaitu : Pertama, tingkatkan profesionalisme sebagai aparatur negara agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari reformasi birokrasi yang kita jalankan bersama. Kedua, birokrasi yang bersih, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Tingkatkan budaya anti korupsi. Laksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. Ciptakan birokrasi yang cerdas, cepat, profesional, dan responsif. Ketiga, keteladanan sebagai aparatur negara yang bersih dan berwibawa. Jangan cederai kepercayaan rakyat dan sumpah jabatan. Kita memiliki amanat dan tanggung jawab yang besar dalam menjalankan tugas kepada Tuhan, bangsa, dan negara. Keempat, dalam menghadapi Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 mendatang, sekali lagi saya minta saudara-saudara para anggota KORPRI untuk menjaga netralitas. Bebaskan tatanan organisasi kepegawaian dari kepentingan politik. Sebagai aparatur pemerintahan, segenap anggota KORPRI diwajibkan untuk bersikap netral dan adil. Kelima, mari kepada rakyat bahwa jajaran aparatur pemerintahan di era reformasi saat ini merupakan pelayan masyarakat. Kedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi atau golongan. (dsk)

 

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: