08 Okt 2021
  Editor Berita,

Ibu Wagub Dorong Lansia Mau Divaksin

Kulon Progo (08/10/2021) jogjaprov.go.id – DIY kembali menggandeng swasta untuk membantu percepatan vaksinasi Covid - 19 untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunal. Kali ini, sebanyak 2500 warga disekitar Girimulyo menjadi target vaksinasi jenis Sinovac oleh Pemda DIY beserta tiket.com.

Gusti Putri menyampaikan, saat ini memang target utama adalah menjaring masyarakat sebanyak-banyaknya untuk divaksin. DIY harus segera pulih kembali di segala aspek, baik kesehatan, pendidikan, ekonomi, wisata, dan seluruh sektor. Untuk itu, ikhtiar sehat melalui vaksinasi akan terus dilakukan hingga mencapai atau bahkan melebihi target.

“Banyak sekali warga DIY sekarang ini yang ternyata ingin divaksin, tidak seperti dulu yang harus di oyak-oyak (kejar). Oleh karenanya, semoga vaksinasi di Kulon Progo pada hari ini dapat berlangsung dengan aman dan juga dapat tercapai target sasarannya,” ujar Gusti Putri.

Saat ini, DIY akan lebih memfokuskan angka vaksinasi pada lansia. Karena vaksiansi pada lansia merupakan salah satu faktor DIY bisa turun level, sehingga akan bisa kembali membuka beberapa aktivitas. Namun, tidak seperti vaksinasi kaum muda dan produktif, vaksinasi pada lansia cenderung lebih susah. Tidak hanya karena komorbid, namun faktor kemauan untuk divaksin memang cenderung lebih sedikit susah.

“Memang untuk lansia ini agak lebih susah untuk membuat beliau-beliau kersa untuk divaksin ya. Namun bukan berarti tidak bisa dan kita juga tidak menyerah. Di Kulon Progo sendiri vaksinasi pada lansia telah mencapai hampir 60%. Jadi saya berharap, untuk lansia di kabupaten lain untuk kersa segera divaksin,” ungkap Gusi Putri.  

Gusti Putri menyampaikan rasa syukurnya atas banyaknya pihak yang membantu vaksinasi. Menurutnya, tanpa bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak salah satunya pihak swasta, target vaksinasi yang dicanangkan oleh Pemda DIY tidak akan cepat terpenuhi. Selama ini, jika dilakukan sendiri, jumlah mereka yang divaksin tentu belum bisa mencapai lebih dari 50%. Namun, melalui kerjasama-kerjasama dengan berbagai pihak, jumlah lebih dari 70% penduduk DIY telah berhasil divaksin.

Oleh karena itu,  Gusti Putri memnghimbau kepada berbagai pihak untuk terus bekerjasama dengan mencapai tujuan bersama. DIY yang sehat dan sejahtera. “Semoga swasta-swasta lain mau mendukung dan terus bekerja sama untuk percepatan vaksinasi ini. Selama ini jika kita tidak didukung dengan swasta, kita melakukan jimpitan, yaitu sumbangan kolektif warga sebagai donatur untuk vaksinasi. Mari kita bekerjasama dan saling mendukung,” tutuo Gusti Putri. (uk/fm)

Bagaimana kualitas berita ini: