14 Jun 2018
  Humas Pemerintahan,

Idul Fitri, Jadi Momen Pengingat Sifat Ilahiyah

Yogyakarta (14/06/2018) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, 1 Syawal selalu diiringi dengan tradisi dan ritual mudik. Namun beliau mengajak segenap warga Jogja untuk tidak sekedar memaknai mudik sebagai pulang kampung, tapi sebagai momentum pengingat sifat ilahiyah dalam diri manusia.

Melalui pernyataannya, Gubernur DIY kembali mengingatkan untuk tetap memelihara sifat-sifat keutamaanNya pada setiap ritual Lebaran yang dijalankan. Karena jika hal tersebut ikut sirna, maka dapat terjadi kesalahan pemaknaan hingga makna kesalehan berjihad melawan hawa nafsu selama Ramadhan juga bisa ikut berlalu tanpa bekas.

“Al Qur’an menyiratkan pesan azali manusia adalah makhluk religius. Namun seiring waktu, gema Ilahi tersisih oleh hempasan mahzab yang membawa tafsir sesat, termakan ujaran kebencian menjadi salah jalan, tetapi tetap meyakininya sebagai jalur by pass menuju surga, meski harus mengorbankan sesama. Hal itu bukan lagi memudikkan fitrah ke jalan lurusNya,” papar Sri Sultan.

Sri Sultan pun mengingatkan untuk tidak terjebak dalam tarik menarik antara kesadaran ikhlas dan bawah sadar dengan riak dalam dinamika ketidaksempurnaan manusia antara maruf dan munkar. Termasuk pemikiran untuk berjihad membangun negeri khilafah yang kaffah, tetapi dengan tindakan tak beradab, jauh dari rasa kemanusiaan.

“Yang pada akhirnya malah merobohkan pilar Islam yang rahmatan lil alamin dan bukan lagi upaya menuju kasampurnaning agesang. Karena itu, mari kita mangasah mingising budi hamemasuh malaning bumi. Mengasah kepekaan rasa, membasuh kotoran dunia. Ikhlas berserah diri keharibaanNya, seraya mempererat tali persaudaraan anak-anak bangsa, sesuai filosofi Jawa hamemayu hayuning bawono,” jelas Sri Sultan. 

Menurut Sri Sultan, momen Idul Fitri seharusnya menjadi waktu terbaik memilin kembali benang-benang ukhuwah Islamiyah agar jadi penguat ukhuwah wathaniyah dan dirajut sebagai perekat rasa ukhuwah insaniyah.

“Dengan memahami maaf pemberi kedamaian hati, izinkanlah Saya berucap selamat Idul Fitri 1439 H, moon maaf lahir batin. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita di jalan lurusNya, agar tercapai kehidupan Jogja yang istimewa dan berkeadilan,” ungkap Sri Sultan. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: