03 Des 2018
  Humas Berita,

India akan Gelar Festival Budaya di Yogyakarta

Yogyakarta (03/12/2018) jogjaprov.go.id - Kedutaan Besar India untuk Indonesia akan menggelar festival budaya di Yogyakarta. Untuk menyukseskannya, Kedutaan Besar India menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dalam pelaksanaannya.

“Festival budaya kali ini termasuk besar, karena kami akan menyelenggarakannya selama satu minggu penuh di Yogyakarta dan beberapa kota lainnya seperti Malang dan Bandung. Tema festival kali ini adalah Kehidupan Budaya India di Yogyakarta,” ujar Kepala Deputi Misi Kedutaan Besar India untuk Indonesia, Prakash Gupta.

Dalam pertemuannya dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Gatot Saptadi di Ruang Rapat Sekda DIY pada Senin (03/12), Prakash mengatakan, alasan Kedutaan Besar India menggandeng Pemda DIY karena festival tersebut membutuhkan dukungan, arahan, dan partisipasi dari Pemda DIY. Rencananya acara akan berlangsung pada 17-23 Desember 2018 di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta.

“Acara ini tujuannya untuk mempromosikan budaya India di Yogyakarta. Terdapat beberapa agenda besar, di antaranya seminar promosi wisata India-Indonesia. Untuk itu, kami mengundang sekitar delapan agen travel asal India dan sekitar 30 agen tranvel dari Indonesia,” paparnya.

Prakash menambahkan, dalam ajang promosi pariwisata tersebut, pihaknya juga mengundang Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk ikut hadir. Selain promosi wisata, agenda lainnya ialah festival makanan India. Festival yang juga akan berlangsung selama seminggu ini mengikutsertakan para pengelola restoran India untuk menyajikan berbagai makanan bercita rasa India.

“Untuk itu, kami juga mengundang Gubernur DIY untuk bersama Duta Besar kami meresmikan pembukaan acara ini. Kami juga akan menggelar seminar pendidikan untuk menarik minat warga Yogyakarta agar studi di India. Menggandeng beberapa perwakilan universitas dari India, kami akan gelar acara di UIN Sunan Kalijaga dan UGM,” jelasnya.

Dalam seminggu rangkaian acara festival budaya India di Yogyakarta tersebut, yang tidak kalah seru ialah agenda pertunjukan tarian India yang akan melibatkan para penari asal India.

Sekda DIY mengatakan, rencana India menggelar acara budaya di Yogyakarta tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari pertemuan Menteri Luar Negeri India dengan Gubernur DIY belum lama ini. “Ini salah satu bentuk kegiatan untuk mempererat hubungan India dengan Yogyakarta. Tentu akan kami dukung,” imbuhnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: