19 Jun 2012
  Humas Berita,

Inspektorat DIY Selenggarakan Larwasda

Inspektorat DIY Selenggarakan Larwasda

 

YOGYAKARTA (19/06/2012) pemda-diy.go.id Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, tiga kriteria pembagian urusan pemerintahan meliputi eskternalitas, akuntabilitas serta efesiensi, bisa diterapkan secara akumulatif sebagai satu kesatuan dengan mempertimbangkan keserasian dan keadilan hubungan antar tingkatan dan susunan pemerintahaan.

Untuk mencegah terjadinya tumpang tindih wewenang penyelenggaraan urusan pemerintahan, maka atas dasar pemikiran kriteria eksternalitas, urusan pemerintahan ditentukan oleh jangkauan dampak akibat dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, kata Sultan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX saat membuka Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2012, Pemutakhiran Data, serta Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Inspektorat Provinsi DIY dan Inspektorat Jendral Kementerian Dalam Negeri Tahun 2011, di Hotel Jambuluwuk, Yogyakarta, Selasa (19/06).

Ditambahkan, dengan adanya Larwasda ini, instansi-instansi mampu menjalankan pemerintahan yang efektif, efesien dan akuntabel, sekaligus meningkatkan kinerja instansi dengan mewujudkan pemerintahan yang bebas dari KKN. Untuk itu diperlukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan urusan pemerintahan umum sebagai kebijakan pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi, penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dengan mencapai skala ekonomis, dalam mengadapi persaingan di era global.

Menurut Kepala Inspektorat Provinsi DIY, Drs. Haryono, MM, kegiatan gelar pengawasan diselenggarakan dengan tujuan supaya memasyarakatkan hasil pengawasan, baik pengawasan melekat, fungsional, maupun pengawasan masyarakat (pengaduan masyarakat), guna menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bersih dan transparan.

Hasil dari pengawasan, pihak Inspektorat sudah menjalankan tugas pembinaan terhadap 34 SKPD Tingkat Provinsi DIY dan 77 SKPD Tingkat Kabupaten Kota, serta sudah ada tindak lanjut mengenai rekomendasi-rekomendasi yang ada. (skm/rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: