01 Okt 2013
  Humas Berita,

Issue Strategis Jadi Pokok Bahasan Pertemuan APEC Youth Summit 2013

 

 

YOGYAKARTA (01/10/2013) portal.jogjaprov.go.id - Atas nama pemerintah dan masyarakat Indonesia khususnya Yogyakarta mengucapkan selamat datang kepada para delegasi dan peserta APEC YOUTH SUMMIT 2013. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi DIY atas kepercayaan yang diberikan oleh panitia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum regional para pemimpin masa depan dari kawasan Asia Pasifik.

 

Demikian dikatakan Deputy Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI, Afitrah Salam pada acara Pembukaan APEC YOUTH SUMMIT 2013 di Pagelaran Kraton Yogyakarta, Senin malam (30/09).

 

Selain itu Afitrah Salam juga mengatakan, melalui forum ini diharapkan seluruh peserta dapat berdiskusi mengenai issue strategis yang muncul belakangan ini termasuk dalam menguatkan komitmen dan kerjasama dalam hal kebijakan ekonomi guna menguatkan kestabilan ekonomi suatu Negara, karena sangat mendukung bagi kelangsungan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang harapanya nanti ketahanan ekonomi mampu menjangkau kalangan menengah dan bawah.

 

Sementara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY, Didik Purwadi mengatakan, bahwa Pertemuan ini merupakan peristiwa yang langka dan menjadi kebanggaan, karena bisa bertatap muka dan berdialog dengan kaum muda dari 21 negara anggota APEC yang akan mengga ntikan generasi kepemimpinan ekonomi APEC ke depan.

 

Saya ikut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena rekomendasi APEC YOUTH SUMMIT 2013 di Yogjakarta ini akan disampaikan sebagai resolusi ekonomi kepada KTT APEC di Bali nantinya.

 

APEC JEO Youth Summit 2013 dengan tema Menuju ketahanan dan pertumbuhan membentuk kembali ekonomi global.

 

Konsekuensinya harus ada konfigurasi kekuatan ekonomi global yang baru. Dalam hal ini, banyak diharapkan peran para pemimpin muda dari Junior Camber Internasional yang memiliki watak prory apapun selalu mengalir, berinteraksi dan berwatak perubahan.

 

Gubernur DIY, juga mengatakan bahwa Kerjasama ekonomi APEC ke depan harus diskenariokan menuju tatanan ekonomi baru sebagaimana dikumandangkan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno, disampaikan dalam sidang umum PBB to built the world a new, yaitu membangun sebuah dunia baru dalam ekonomi global yang tumbuh merata, berkelanjutan, dan berkeadilan serta memberikan kesejahteraan bagi rakyat negara anggotanya.

 

Di akhir sambutannya, Gubernur DIY berharap bahwa dialog kebijakan dengan leader APEC JEO Youth Summit 2013 di Bali nanti diharapkan para peserta APEC YOUTH SUMMIT 2013, nantinya bisa memberikan kontribusi terbaiknya. Karena hal tersebut, merupakan momentum berharga bagi para pengusaha dari negara-negara anggota APEC untuk mendiskusikan pembangunan ekonomi regional dalam menciptakan kesejahteraan di setiap bangsa.

 

Dialog itu menjadi bernilai tinggi karena mereka menginformasikan pimpinan APEC tentang prioritas yang mereka butuhkan dalam membuat kebijakan yang tepat dan riil bagi para pelaku bisnis yang berdampak terhadap ketahanan dan pertumbuhan perekonomian negara anggotanya. (dyk)

 

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: