23 Okt 2012
  Humas Berita,

Jogja Tuan Rumah Pertemuan Pengurangan Resiko Bencana Se Asia-Pasifik Ke-5

 

Jogja Tuan Rumah Pertemuan Pengurangan Resiko Bencana Se Asia-Pasifik Ke-5

Presiden RI: . Tidak satu negarapun yang bisa menangani bencana secara sepihak, karenanya Indonesia menjalin kerjasama tidak hanya secara nasional, regional tetapi juga secara internasional

Yogyakarta (23/10/2012) pemda-diy.go.id. Pertemuan Menter-menteri Kawasan Asia-Pasifik dalam Konferensi Penanggulangan Resiko Bencana arau The 5 th Asia Ministerial Conference On Disaster Risk Reduction ( AMCDRR) yang diikuti sebanyak 1.200 delegasi dari 64 negara siang tadi (Selasa,23/10), tepat pukul 11.00 WIB dibuka Presiden RI DR.H.Susilo Bambang Yodhoyono yang didampingi Ketua BNPB RI DR.Samsul Maarif, Kepala The United Office for Disaster Risk Reduction (UNISDR), Marghareta Wahlstromdan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan ditandai dengan pemukulan bende di Gedung JEC, Bantul ,DIY.

Delegasi dari ke 64 negara tersebut telah berada di Yogyakarta sejak tanggal 22 Oktober 2012 hingga tanggal 25 Oktober 2012 untuk membahas berbagai permasalahan terkait dengan penanganan penanggulangan resiko bencana dan Penanganan Bencana di Indonesia sebagai salah satu model yang akan dikembangkan ke depan dikawasan Asia Pasifik.

Presiden RI DR.H.Susilo Bambang Yudhoyono dalam kata sambutannya antara lain menyatakan bahwa berbagai daerah di Indonesia akrab dengan berbagai macam kebencanaan seperti tsunami, tragedi, gempa bumi, erupsi gunung berapi dan yang lainnya. Karenanya penangnggulangan kebencanaan merupakan prioritas dalam penanganannya, dan setidaknya dengan keadaan tersebut jatuhnya korban akibat yang ditimbulkannya bisa diminimalisir.

Untuk itulah lanjut Presiden RI dalam pertemuan Para menteri ASIAN ini hendaknya dapat diambil manfaat untuk menanggulangi berbagai macam resiko kebencanaan tersebut. Koordinasi dan regulasi sangat penting diperlukan agar bisa dilaksanakan dengan baik dalam menangani kebencanaan. Tidak satu negarapun yang bisa menangani hal ini secara sepihak, karenanya Indonesia menjalin kerjasama tidak hanya secara secara nasional, regional tetapi juga secara internasional sebagai upaya pengurangan resiko bencana. Dengan Konferensi ASMCDRR ini sangatlah penting artinya sebagai upaya memberi perlindungan pada masyarakat.

Sementara itu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif menjelaskan, bahwa agenda pembahasan yang menjadi topik utama dalam konferensi ini adalah dampak dan kerugian akibat ditimbukannya bencana di seluruh wilayah diberbagai negara. Dan Konferensi ini merupakan pertemuan pertama dari para pejabat setingkat menteri untuk mempertimbangkan kelanjutan dari persetujuan dunia pertama yang komprehensif dalam pengurangan risiko bencana. AMCDRR dan akan membahas cara untuk meningkatkan aksi di tingkat lokal, sekaligus mendiskusikan persetujuan pasca-2015 yang baru.

Kepala The United Office for Disaster Risk Reduction (UNISDR), Marghareta Wahlstrom, dalam kesempatan sambutannya pada pertemuan ke-5 Konferensi Asia-Pasifik Pengurangan Resiko bencana di Yogyakarta tersebut mengatakan, bahwa masyarakat dunia cukup memberi perhatian terhadap pengurangan risiko bencana.

Menurutnya Konferensi merupakan sebuah kesempatan untuk membuat sumbangsih penting bagi pengembangan kerangka pengurangan risiko bencana pasca-2015 dan AMCDRR ke-5 akan membahas tiga tema utama yaitu : bagaimana mengintegrasikan pengurangan risiko bencana di tingkat lokal dan mengadaptasikan perubahan iklim ke rencana pembangunan nasional, dan mengkaji risiko di daerah dan pembiayaan serta memperkuat tata kelola risiko daerah dan kemitraan.

Usai membuka Konferensi Presiden RI.DR.H.Susilo Bambang Yudhoyono yang didam[pingi Ny.Ani bambang Yudhoyono, Kepala The United Office for Disaster Risk Reduction (UNISDR), Marghareta Wahlstrom, Ketua BNPB DR.Samsul Maarif, Gubernur DIY Sri Sultan HB X meninjau pameran Pengurangan Resiko Bencana yang digelar di dalam hall Gedung JEC.

Turut menyemarakkan Pembukaan Pertemuan Menter-menteri Kawasan Asia-Pasifik dalam Konferensi Penanggulangan Resiko Bencana arau The 5 th Asia Ministerial Conference On Disaster Risk Reduction ( AMCDRR)Tari Gebyar yang dibawakan oleh Sanggar tari Kawulo MataramanYogyakarta. (Kar/teb/Rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: