09 Sep 2024

Kafilah DIY Diharapkan Tampilkan yang Terbaik

Samarinda (09/09/2024) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X berharap seluruh peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-30 asal DIY mampu tampilkan kemampuannya yang terbaik. Selain itu, Sri Paduka juga menitipkan nama baik DIY untuk selalu dijaga para kafilah DIY ini.

Hal ini diungkapkan Sri Paduka pada Senin (09/09) pagi saat memberikan pengarahan pada kafilah DIY. Sri Paduka juga berpesan agar seluruh peserta lomba bisa menjaga kesehatannya, dan bisa saling mengingatkan.

"Apapun yang terjadi, saya nderek titip Jogja Istimewa. Dan ini juga kesempatan untuk menjalin silahturahmi dengan peserta lainnya, terutama yang dari daerah lain. Untuk perlombaan, bertandinglah tanpa beban kemenangan. Ini saatnya, latihan yang sudah dijalankan bisa diimplementasikan sebaik-baiknya," ungkap Sri Paduka.

Sehari sebelumnya pada Sabtu (08/09), Sri Paduka juga menghadiri pembukaan MTQ Tingkat Nasional ke-30 Tahun 2024 di Gelora Kadrie Oening, Samarinda, Kalimantan Timur. Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan MTQ Tingkat Nasional ke-30 ini diharapkan bukan hanya lebih baik penyelenggaraannya, tapi bagaimana agar nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran, seperti kejujuran, keadilan, perdamaian, dan persatuan dapat semakin kokoh dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Era digital membuat kita sangat mudah memperoleh informasi, sehingga kita harus mampu menyaring sendiri mana informasi yang baik. Karena itu kita butuh pegangan yang kuat, yaitu agama. Di sinilah latar pentingnya MTQ yang tidak hanya menampilkan keindahan membacakan Al Quran, tapi juga memberikan ajaran Al Quran guna memperkuat moral spiritual dalam sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ungkapnya.

MTQ Tingkat Nasional ke-30 Tahun 2024 ini mengangkat tema 'Mewujudkan Masyarakat Cinta Al Quran untuk Bangsa yang Bermartabat di Bumi Nusantara'. Jokowi berharap melalui MTQ ini setiap pribadi mampu mengedukasi diri sendiri untuk mencintai Al Quran, hidup dalam kerukunan, kejujuran dan persatuan untuk membangun kemajuan bangsa dan negara. Pada acara pembukaan hadir pula Ibu Negara, Iriana Joko Widodo; Panglima TNI; Kapolri; dan Pj. Gubernur Kalimantan Timur.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, dalam skala yang lebih luas penyelenggaraan MTQ ini adalah jembatan persaudaraan yang lebih luas. Menurutnya, acara ini tidak hanya milik umat Islam, tapi juga melibatkan partisipasi dari saudara-saudari dari agama yang berbeda keyakinan.

"Kehadiran saudara-saudari kita ini menunjukkan betapa kokohnya ikatan kebangsaan kita, di mana perbedaan menjadi kekuatan dan keragaman menjadi anugerah. Hal ini seperti alunan simfoni yang harmoni ini menggambarkan kekayaan Indonesia yang penuh warna dan nilai toleransi yang mengakar kuat," imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Biro Bina Mental Setda DIY, Sukamto mengatakan, kafilah DIY pada MTQ ke-30 Tahun 2024 ini berjumlah 41 orang yang terdiri dari peserta, official, dan pendamping. Kafilah DIY mengikuti 10 kategori lomba, di antaranya Tilawah untuk Dewasa maupun Remaja, Tafsir Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, Musabaqah Syarhil, Musabaqah Fahmil, serta Khot Naskah maupun Kontemporer.

"Kami berharap semua peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat pengabdian, yang dilandasi dengan niat ibadah dan tampil dengan kemampuan optimal. Kami menekankan semua peserta untuk selalu menjaga kehormatan daerah, serta sportif dalam berlomba, sekaligus memenuhi segala persyaratan dan ketentuan panitia penyelenggara," imbuhnya. (Rt/Wa)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: