24 Apr 2012
  Humas Berita,

KBU Sekretariat Presiden Serahkan Bantuan Mobil Tangki Air Bersih

KBU Sekretariat Presiden Serahkan Bantuan Mobil Tangki Air Bersih

KEPATIHAN YOGYAKARTA (24/04/2012) Kepala Biro Umum (KBU) Sekretariat Presiden Drs. Jarot Sri Sulistyo, MSi menyerahkan dua unit mobil tangki air bersih bantuan Presiden RI untuk Kabupaten Gunungkidul, senilai Rp. 700 juta, di Bangsal Wiyoto Projo, Kompleks Kepatihan Danurejan, Yogyakarta, Selasa (24/04).

Serah terima bantuan ditandai dengan penanda tanganan berita acara penyerahan bantuan oleh KBU Sekretariat Presiden RI Jarot Sri Sulistyo dan Sekdaprov DIY Drs. Ichsanuri, serta Bupati Gunungkidul yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Gunungkidul Budi Martono.

Bantuan yang sama nantinya juga akan diberikan kepada Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk Jawa Timur akan diberikan kepada Kabupaten Blitar, Trenggalek, Ponorogo Magetan dan Pacitan, sedang untuk Jawa tengah bantuan diberikan kepada Kabupaten Wonogiri.

Menurut KBU Sekretariat Presiden, Jarot Sri Sulistyo, bantuan mobil tangki air bersih ini merupakan atensi dari Presiden kepada masyarakat yang daerahnya masih kesulitan mendapatkan air bersih. Dengan harapan bantuan mobil tangki tersebut nantinya betulbetul dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Dan kendaraan tersebut jangan lupa dirawat sebaik mungkin, pinta Jarot.

Sementara Sekdaprov DIY Drs. Ichsanuri melalui Asisten Administrasi Umum Drs. Sigit Sapto Raharjo MM mengemukakan, bantuan mobil tangki air ini merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi masyarakat yang daerahnya benar-benar kekurangan air bersih khususnya diwilayah Gunungkidul yang memiliki luas wilayah 1.485,36 m2 yang terbagi menjadi 18 kecamatan dan 144 desa.

Ditambahkan, bagi warga masyarakat Gunungkidul air merupakan kebutuhan yang vital dalam kehidupan sehari-hari, selain dimanfaatkan untuk ternak dan pertanian. Warga selama ini yang daerahnya sangat kekurangan air, dalam mendapatkannya harus mengantri selama lebih dari dua jam atau bahkan berjalan jauh menuju salah satu sumur warga yang belum mengalami kekeringan.

Dengan adanya bantuan mobil tangki air bersih warga yang sangat mengalami kekurangan air bersih bisa teratasi dan bisa memberikan manfaat yang lebih baik lagi, katanya.

Plt Sekda Kabupaten Gungungkidul, Budi Martono, menjelaskan, saat ini diwilayah Gunungkidul sudah memiliki 10 unit mobil tangki air bersih, 2 diantaranya bantuan Presiden yang diserahkan hari ini. Sedang kecamatan yang kesulitan air bersih jika musim kemarau, yaitu Kecamatan Tanjungsari, Rongkop, Girisubo, Gedangsari, Saptosari, Panggang, dan Kecamatan Paliyan. (dyk/rsd)


HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: