26 Des 2013
  Humas Berita,

Kejurnas Catur Piala Raja Diselenggarakan di Yogyakarta

 

 

 

YOGYAKARTA (28/12/2013) portal.jogjaprov.go.id - Kami mendukung pelaksanaan Kejuaraan Catur Tingkat Nasional Piala Raja yang merupakan kegiatan penting dan berharga dalam upaya pengembangan olah raga catur. Karenanya dengan digelarnya kejuaraan ini sangat diharapkan atlet-atlet catur dapat memperoleh kesempatan untuk menimba pengalaman bertanding. Sebab kita pahami bersama bahwa pengalaman bertanding senantiasa diperlukan untuk meningkatkan prestasi.

 

 

Demikian dikatakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda DIY, Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM pada acara Pembukaan Kejuaraan Catur Tingkat Nasional Kategori Piala Raja IV Tahun 2013 di Gedung Amongrogo, Yogyakarta Kamis (26/12).

 

 

Disamping itu Gubernur juga mengatakan dengan diselenggarakannya kejuaraan ini nantinya dapat menjadi sebuah wahana lahirnya bibit-bibit pecatur berbakat yang selanjutnya dapat dikembangkan sebagi atlet catur yang mampu berkompetisi dan berprestasi di kejuaraan tingkat regional dan nasional.

 

 

Sultan juga mengatakan bahwa kejuaraan catur piala raja ini menjadi satu-satunya kejuaraan Catur Nasional yang bersifat kategori di Indonesia, yang masih rutin dilaksanakan dan telah menjadi Kalender kegiatan 2 tahunan PB. Percasi bahkan berhasil menjadi ikon bagi Jogja.

 

 

Disanmping itu Sultan berharap konsistensi penyelenggraan kejuaraan catur sangat diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi para pecatur untuk terus menerus mengasah kemampuan serta mempertahankan dan meningkatkan prestasi masing-masing menuju terwujudnya prestasi kelompok atau klub sampai ke prestasi derah maupun nasional

 

 

Sementara disampaikan Ketua PB. Percasi, Hasyim S. Djojohadikusumo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Komisi Bidang Pertandingan dan Perwasitan PB. Percasi MI. Ivan Situra mengatakan bahwa dalam memajukan sebuah cabang olah raga dan peningkatan prestasi akan lebih berhasil apabila ada kerjasama yang sinergi antara PB/PP induk organisasi termasuk salah satunya adalah PB Percasi ini memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi Pengprov Percasi DIY dan Panitia pelaksana Piala Raja ke 4, sehingga kejuaraan catur kategori nasional ini dapat terselenggara yang ke 4 ini selama 4 tahun berturut-turut. Bukan sebuah pekerjaan yang mudah untuk mengorganisir dan melaksanakan sebuah kejuaraan catur secara berkesinambungan. Ini diperlukan orang-orang yang memiliki kepedulian dan mau bekerja keras dengan sungguh-sungguh yang dilandasi kecintaan pada olah raga catur.

 

 

Dilaporkan Ketua Penyelengara Ir. Edi Wahyudi. Mpd bahwa direncanakan pelaksanaan penyelenggraan Kejuaraan Catur Nasional Kategori Piala Raja ini dari tanggal 26 sampai 29 Desember 2013, dan diikuti sebanyak 468 peserta yang terdiri dari peserta umum sebanyak 252 peserta, sedang peserta khusus sekolah putra 126 dan putri 90 orang. Peserta berasal dari 20 provinsi dan ada satu peserta dari luar negeri yaitu dari Negara Ubeikistan. (dyk)

 

 

 

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: