19 Okt 2023

Kejurnas Pelajar Bisa Jadi Ajang Promosi Perisai Diri

Yogyakarta (19/10/2023) jogjaprov.go.id - Pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Silat Perisai Diri Antar Pelajar VII Tahun 2023 diharapkan dapat terselenggara dengan lebih menarik dan menyenangkan. Dengan begitu, ajang kompetisi memperebutkan piala bergilir Sri Sultan Hamengku Buwono X ini, bisa menjadi ajang promosi agar semakin banyak siswa yang tertarik bergabung dengan Perisai Diri.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat menerima audiensi dari Panitia Pelaksana Kejurnas Pelajar VII dan Pengurus Perisai Diri Provinsi Banten. Pada pertemuan di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (19/10) ini hadir pula Pengurus Perisai Diri DIY.

“Ajang semacam ini tentu juga diselenggarakan untuk mempererat tali silaturahmi anggota-anggota Perisai Diri dari berbagai daerah dan berbagai tingkatan usia. Dan ajang ini juga bisa jadi ajang promosi untuk regenerasi. Makanya saya berharap pelaksanaan kejurnas ini bisa lebih menyenangkan bagi para peserta,” ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka pun mengimbau agar Kejurnas ini bisa memberikan ruang kepada generasi-generasi penerus Perisai Diri untuk menunjukkan kebolehan dirinya. Misalnya saja, pada kejurnas ini bisa mengadakan lomba peraihan piala ataupun medali sampai ke tingkat yang paling kecil. Menurut Sri Paduka, organisasi yang baik adalah organisasi yang bisa melakukan regenerasi berkelanjutan.

“Tentu kami berharap acara yang akan digelar nanti bisa berjalan lancar dan yang paling penting adalah terus berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya. Tidak perlu membanding-bandingkan penyelenggaraan di kota ini tahun ini lebih baik daripada saat di kota itu tahun itu, karena ini bukan perlombaan penyelenggaraan,” imbuh Sri Paduka.

Sri Paduka juga mengungkapkan, pada November 2023 mendatang akan diselenggarakan Jogja Pencak Festival di Yogyakarta. Dan sebagai salah satu organisasi perguruan pencak silat, Sri Paduka berharap ada dukungan dari Perisai Diri dalam penyelenggaraan festival kali ini.

Sementara itu, Ketua Umum Perisai Diri Provinsi Banten, Tubagus Setia Dea mengatakan, pertemuan dengan Sri Paduka kali ini bertujuan untuk memohon berkenan Sri Paduka dapat hadir dan membuka acara Kejurnas Pelajar 2023 ini. Acara kejurnas sendiri akan dilaksanakan pada 19-23 Desember 2023 di Sport Center Kabupaten Tangerang Banten.

“Untuk acara pembukaannya sendiri akan dilakukan pada tanggal 20 Desember 2023 di malam harinya. Karena itu kami memohon kesediaan Sri Paduka bisa ikut hadir sekaligus membuka acara,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Pelajar VII, Ardi Triasa mengatakan, target peserta dari kejurnas kali ini yakni 1.000 peserta dari berbagai tingkatan pelajar, mulai dari SD hingga SMA/sederajat. Jika melihat kepesertaan pelaksanaan kejurnas di tahun-tahun sebelumnya, peserta yang ikut bisa mencapai antara 1.000 hingga 1.300 peserta.

“Untuk pertandingannya sendiri akan dibagi menjadi beberapa kelas. Dan pada kejurnas kali ini terdapat sedikit perubahan dari sisi materi kelas perlombaan, di mana dipecah lagi menjadi empat tingkatan. Dan untuk mendorong minat terhadap Perisai Diri, untuk kelas SD semua peserta akan mendapat penghargaan atas keikutsertaannya,” paparnya. (Rt/Hk)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: